EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, 2007
Posted by ilham in Otomotif, Referensi, Sharing, Tuning.trackback
By Bengkelsepedamotor
Berbagai macam cara dan usaha yang dilakukan untuk mengurangi kadar gas buang beracun yang dihasilkan oleh mesin-mesin kendaraan bermotor seperti penggunaan BBM bebas timbal, penggunaan katalis pada saluran gas buang, dll.
Sebagaimana mesin 2 langkah yang harus digantikan oleh mesin 4 langkah, sistem karburasi manual akhirnya juga akan digantikan oleh sistem karburasi digital.
Sistem injeksi bahan bakar elektronik (karburasi digital) sudah mulai diterapkan pada mesin sepedamotor, perlahan tapi pasti akan menggantikan sistem yang sudah lama bertahan yaitu karburator (karburasi manual).
Karena mesin sepedamotor merupakan kombinasi reaksi kimia dan fisika untuk menghasilkan tenaga, maka kita kembali ke teori dasar kimia bahwa reaksi pembakaran BBM dengan O2 yang sempurna adalah:
14,7:1 = 14,7 bagian O2 (oksigen) berbanding 1 bagian BBM
Teori perbandingan berdasarkan berat jenis unsur, pada prakteknya perbandingan diatas (AFR – Air Fuel Ratio) diubah untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar atau konsumsi BBM yang ekonomis.
Karburator juga mempunyai tujuan yang sama yaitu mencapai kondisi perbandingan sesuai teori kimia diatas namun dilakukan secara manual. Karburator cenderung diatur untuk kondisi rata-rata dimana sepedamotor digunakan sehingga hasilnya cenderung kearah campuran BBM yang lebih banyak dari kebutuhan mesin sesungguhnya.
Untuk EFI karena diatur secara digital maka setiap ada perubahan kondisi penggunaan sepedamotor ECU akan mengatur supaya kondisi AFR ideal tetap dapat dicapai.
Contohnya: Pada sistem Karburator ada perbedaan tenaga jika sepedamotor digunakan siang hari dibandingkan malam hari, hal ini karena kepadatan oksigen pada volume yang sama berbeda, singkatnya jumlah O2 berubah pasokkan BBM tetap (ukuran jet tidak berubah).
Hal ini tidak terjadi pada sistem EFI karena adanya sensor suhu udara (Inlet Air Temperature) maka saat kondisi kepadatan O2 berubah, pasokkan BBM pun disesuaikan (waktu buka injector ditambah atau dikurangi). Jadi sepedamotor yang menggunakan EFI digunakan siang atau malam tetap optimum alias tenaga tetap sama.
Perbedaan utama Karburator dibandingkan EFI adalah:
Karburator EFI
BBM dihisap oleh mesin BBM diinjeksikan/disemprotkan ke dalam mesin
Pengapian Terpisah Sistem Pengapian menyatu
Komponen-komponen dasar EFI
Setiap jenis atau model sepedamotor mempunyai desain masing-masing namun secara garis besar terdapat komponen-komponen berikut.
ECU – Electrical Control Unit
Pusat pengolah data kondisi penggunaan mesin, mendapat masukkan/input dari sensor-sensor mengolahnya kemudian memberi keluaran/output untuk saat dan jumlah injeksi, saat pengapian.
Fuel Pump
Menghasilkan tekanan BBM yang siap diinjeksikan.
Pressure Regulator
Mengatur kondisi tekanan BBM selalu tetap (55~60psi).
Temperature Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi suhu mesin, kondisi mesin dingin membutuhkan BBM lebih banyak.
Inlet Air Temperature Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi suhu udara yang akan masuk ke mesin, udara dingin O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.
Inlet Air Pressure Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara yang akan masuk ke mesin, udara bertekanan (pada tipe sepedamotor ini hulu saluran masuk ada diantara dua lampu depan) O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.
Atmospheric Pressure Sensor memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara lingkungan sekitar sepedamotor, pada dataran rendah (pantai) O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.
Crankshaft Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi dan kecepatan putaran mesin, putaran tinggi membutuhkan buka INJECTOR yang lebih cepat.
Camshaft Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi langkah mesin, hanya langkah hisap yang membutuhkan buka INJECTOR.
Throttle Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi dan besarnya bukaan aliran udara, bukaan besar membutuhkan buka INJECTOR yang lebih lama.
Fuel Injector / Injector
Gerbang akhir dari BBM yang bertekanan, fungsi utama menyemprotkan BBM ke dalam mesin, membuka dan menutup berdasarkan perintah dari ECU.
Speed Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi kecepatan sepedamotor, memainkan gas di lampu merah dibanding kecepatan 90km/jam, buka INJECTOR berbeda.
Vehicle-down Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi sepedamotor, jika motor terjatuh dengan kondisi mesin hidup maka ECU akan menghentikan kerja FUEL PUMP, IGNITION, INJECTOR, untuk keamanan dan keselamatan.
Electronic Fuel Injection memang lebih unggul dibanding karburator, karena dapat menyesuaikan takaran BBM sesuai kebutuhan mesin standar.
ECU diprogram untuk kondisi mesin standar sesuai model sepedamotor, di dalam ECU terdapat tabel BBM yang akan dikirim melalui Injector sesuai kondisi mesin standar.
Jika ada perubahan dari kondisi standar misalnya filter udara diganti atau dilepas, walaupun ada pengukur tekanan udara (inlet air pressure sensor) pasokkan BBM hanya berubah sedikit, akhirnya sepedamotor akan berjalan tidak normal karena O2 terlalu banyak (lean mixture).
Tabel ECU standar biasanya tidak dapat dirubah, karena tujuan utama EFI adalah pengurangan kadar emisi gas buang beracun.
Untuk mesin modifikasi memerlukan modifikasi tabel dalam ECU, hal ini dapat dilakukan dengan:
1. Software yang dapat masuk ke dalam memory ECU – hanya dimiliki oleh ATPM atau dealer.
2. Piggyback alat tambahan diluar ECU – bekerja dengan cara memanipulasi sinyal yang dikirim ke Injector untuk membuka lebih lama.
3. Tukar ECU aftermarket yang dapat diprogram tabel memory-nya, sesuai modifikasi, sesuai kondisi sirkuit.
Salam,
bengkelsepedamotor
Catatan:
Tulisan diatas berdasarkan hasil teori dan praktek yang pernah saya lakukan dan merupakan pendapat pribadi, tidak ada kaitan atau mewakili salah satu produsen sepedamotor, maupun tempat bekerja saya saat ini.
Terbuka untuk ralat dan atau saran, CMIIW, Terimakasih.
Gambar diatas merupakan hasil penyederhanaan dari Service Manual 2004 Kawasaki ZX636-C1 (Ninja ZX-6R), TERIMAKASIH, jika ada pihak yang keberatan (e-mail ke: bengkel.motor@yahoo.co.id) karena masalah hak cipta, saya mohon maaf, dan gambar akan saya hilangkan.
podiumkah?
baca dulu ah…
Nomor satunggal
keren….masukan yang bagus nih, hore aku podium kayaknya
tunggu info tambahan dari om glbabi………………………..
Makasih bro ilmunya…
Klo tjd kerusakan pada sensor akan berpengaruh pada kinerja mesin ya?
@5
jelas, karena sensor akan mengirim data yang tidak sesuai kondisi riil ke ecu, sehingga ecu akan memberi respon yang gak sesuai dengan kemauan/ permintaan mesin…gituu..
cmiiw
@bengkelmotor
di Jepang kan ada motor kapasitas kecil yang sudah injeksi bro?
perawatan jadi makin rumit ya…banyak sensor2nya
@8
banyak sensor bagus juga sih bro.. setidaknya adegan2 porno dan kekerasan ga beredar di Indo.. (weekkss… opo iki?!)
@9
Kabar terakhir Badan Sensor Film jadi ganti nama Lembaga Sensor Film.
@8
justru karena adanya sensor dan peranti2 elektronik disitu, sistem gak perlu tiap servis dibongkar utk ngechek kondisi, karena dengan scanner dah ketauan ada masalah atau berpotensi jadi masalah gak di sistem..??
cmiiw teruuuussss……
bedanya badan ama lembaga apa kang..?? (penasaran ga pake malu mode:On)
peringatan!!!
hati -hati penulisan EFI
jangan salah jadi EF1=Electronic Formula One
hehehehe…insyaf ya?
^
EF1 ya…??wakakakakakkakakakaaa……
@11
itu yang membuat gw heran.adegan ciuman disensor,cuman pas adegan potong kepala dibiarkan. mestinya LSF cukup peka akan hal ini dalam pemberian rating film.
halah…ngomong opo maneh iki?
pendo leeeee….
iye di jepang ada bebek 50 cc dah EFI kok, Honda tuh…
di indon juga ada bebek E F 1….heheheheh
@15
ntu die bro.. adegan kekerasan beredar bebas disini. ntu juga yang bikin gank motor jadi rusuh akhir2 ini. bayangin kang.. udah berapa orang ga bersalah yg jadi korban??? tiba2 dipukulin, di bacokin.. dapet contoh darimana mereka…?!!
pfuhh… OOT yak??
tapi pake efi emang enak ko… apalagi efitamala…… wadew.. 🙂
.. mangsutnya.. make lagu2nya buat acara dangdutan…
@ Bengkel Motor
Sensor sebanyak itu ya? Ga nyangka. Posting yang sangat mendidik (gw belum banyak ngerti tentang mesin 🙂 ). Thx ya…
Tapi gw ada pertanyaan nih. Apa bisa AFR dicapai dengan menggunakan karburator vakum? Kalau dari yang pernah saya baca, Karburator Vakum bisa memastikan campuran udara dan bahan bakar secara konsisten, beda sama karburator biasa.
Lalu, gimana dengan kepadatan udara dan suhu udara? Apa karburator vakum bisa mendeteksi suhu dan kepadatan udara? Kalau tidak bisa, apakah pengaruh ke konsumsi bahan bakar signifikan?
Lebih bagusnya sih kalau dibuatin posting khusus tentang karburator vakum vs injeksi. 🙂 kan lebih adil.
Thx lagi ya…
di jepun memang banyak mesin motor yang cuma 50cc. biasanya untuk keperluan bisnis.
anyway, tulisan ini bagus sekaleee… top markotop abiiezz dah… salut buat bro bengkelsepedamotor
@18
ada juga evi sukaesih…
@20
kapan ente bro? karburator vakum yach? ah..mentang2 pake ZX130,he3x…
Kalau kemajuan teknologi sih ok, tapi masalahnya apakah pelayanan bengkelnya dah siap( dah banyak alatnya) ??? apalagi menghadapi musim hujan yg sudah didepan mata niich…
Tapi gue tetap mendukung kemajuan teknologi kok, biar gak ditinggalin jaman he..he..hhe
zaman yg lalu hrus d tnggal dong?dan mari kita smbt orde modernisasi(srba komptr)
kenapa yha motor gw qoo. ban blakang nya kga bsa jalan ..? sedikit pun ..?
apa nya yha kerusakan nya …?
apa pengaruh samaa rem cakram nya yha ..?
tyus qlo mslah nya d, rem cakram ,apha nya yha yg rusak …?
?????
bgus jg n,,,,tapi bkel mseh bngunk msalah injeksi,,blum ad pelajaran x
@bengkelsepedamotor
bahas juga kasus motor meledak atau terbakar di Jepang duonk..katanya soal injeksi.bahas juga perawatan motor injeksi di Jepun sana.biar gak ragu pembaca sekalian.
di M+ hari ini,ada Supra PGM-Fi edisi racing..
Bro bengkelsepedamotor rajin2x ya nulis arikel untuk kita-kita, artikel diatas bgus bro, berbobot bngt, jadi ngerti dikit2x tentang tekno motor.
@25
emang nangkep juga ya… otaknya..?? khekekek..
@26
masih bisa dimengertilah sama awam kayak gw..
setuju bgt kalo bengkelsepedamotor membahas soal teknis sepedamotor.
@ 22. girifumi
Huehehehe boleh dong bangga ama motor ndiri ? 🙂
Gw sebenarnya pengen nulis, tapi masih awam nih. Sebagai pengguna motor aja masih baru. Praktisi juga bukan. Jadi gw serahin ke bro2 yang ngerti aja.
@ all
Jadi gimana nih? Ada yang berani terima tantangan buat posting tentang karburator vakum? (kompor mode = On)
@27
waduw.. kalo orang kaya ente mah ane percaya kang.. ilmunya beda tipis ama yg bikin artikel.. kalo otak ane agak lama nangkepnya.. apalgi untuk istilah2.. kadang harus buka kamus malahan.
kan ane tujuin ke@25.. OOT deh.. back to topick dah
Itu gambar Peta daerah mana seh…????
infonya siip
weh tambah mumset, yang penting service rutin aj dach 😉
kalo yang dimaksud dengan klep dan setting CO itu maksudnya untuk apa ya?
newbie mode on
ulasan yang bagus bro…. thanks
oya kalo sensornya rusak harganya berapaan ya????
kalo motor dengan karburator biasa bisa kagak diganti pake EFI???
@26. wap
GW benernya siy gak ngerti wap, cuma pura2x ngerti aja, makanya gw komen pendek bener tuh kekekekek. Tadi itu gambar malah gw pikir peta, btw thkx deh buatw bro bengkelsepedamotor rajin2x bikin artikel yg aneh2x ya, spya gw tambah ngerti nih dan gak gampang di bodoin sama ATPM2x hikhikhik…
wuih keren, informasi yg sangat berguna,
mas nanya kalo kita mo nambah suplai campuran bener gak kita tinggal pasang snorkel ke arah depan biar suplai udara makin padat begitu di kecepatan tinggi,trus manipulasi sinyal ke ECU tuk nambah pasokan bensin? so pasokan udara makin banyak N bensin jg banyak yg masuk ruang bakar, betul gak sih?
apa gak sesimpel itu?
keren artikelnya ….
lumayan lah nambah ilmu … canggih euy
lanjuuuut
Mas Ilham
Terimakasih sekali tulisan saya boleh dimuat disini.
@all

Gambar lebih jelas di:
Mau pakai yang mesin 125cc agak kabur trus dapetnya di web yang bahasa Thailand, saya nggak ngerti. Prinsip dasar kerjanya sama.
@ 5 Bro Sylvan
Jika ada kerusakan sensor ECU akan menggunakan tabel default (safe mode).
Contoh: Inlet Air Temperature Sensor, akan menggunakan takaran suhu terdingin dimana sepedamotor masih mungkin dijalankan, AFR ke arah campuran kaya (rich).
Tapi kalau yang rusak Crank Sensor, mati total, karena tidak tahu posisi timing.
@ 7 Bro Girifumi
Saya sudah tidak di Jepang, sekarang di Brunei (Kalimantan Utara)
@ 20 Bro Lime Green
Iya sensornya banyak biar presisi di setiap kondisi pengendaraan, tapi sebetulnya sih karena aturan EURO soal emisi gas buang.
Karburator Vakum ? mungkin CV (constant velocity) ada juga SU (skina union) CMIIW, memang ini jenis yang paling mendekati pencapaian AFR ideal karena bukaan skep tidak mengikuti grip gas tetapi sesuai kevakuman saluran masuk BBM, tapi tetap versi manual tidak bisa mengkompensasi perubahan suhu atau perubahan kepadatan O2 dalam udara.
Versi digitalnya karburator vakum sudah ada, disebut throttle by wire, jadi grip gas tidak berhubungan dengan skep, tetapi memberi input ke ECU, ECU periksa kevakuman melalui Inlet Air Pressure Sensor, skep bergerak membuka berdasarkan perintah ECU.
@21 Bro Koro
Nah ini jagoan electro (masih sekolah terus), jadi saya yang nanya kalau mau buat sendiri ECU dengan prosessor 32bit plus softwarenya untuk mapping tabel AFR di Indonesia bisa nggak Pak ?
@24 Bro Girifumi
EFI seperti mesin 4 langkah, suka atau tidak suka kita sebagai konsumen harus terima, karena pabriknya sudah tidak buat lagi (mesin 2 langkah, karburator)
Udah dulu ah, maaf kepanjangan…
Salam,
bengkelsepedamotor
@38
yaah bro.. yang betah kasih penjelasan dunk. ane udah mulai nangkep nih..
@ 38. bengkelsepedamotor
Thx… bro.
KALOK NDAK SALAH, SISTIM INJEKSI INI SUKAK-SUKAK MENUNTUT OKTAN BENGSIN NYANG BENER….
LHAH KALOK DI INDON OKTAN BENGSIN NYA SUKAK DIBAWAH STANDAR…
(KECUALI MBELINYA DI PETRONAS ATO SHELL….) 😆
@33 Bro Edhosan
klep = umumnya istilah untuk mengatur keluar masuk campuran BBM dan Udara ke dalam ruang bakar.
Setting CO dilakukan saat mesin stasioner/idle biasanya untuk menyeimbangkan posisi antar skep untuk mesin yang mempunyai skep dan silinder lebih dari satu.
@34 Bro D3d3mit
BISA dari karburator ke EFI atau sebaliknya
@35 Bro Maling_dealer
ATPM alih profesi ?, sudah tidak jual motor lagi ?
@36 Bro Adi
Manipulasi tidak dapat pada input ECU, tapi pada output ECU.
Misal ECU beri perintah ke Injector untuk membuka 2milisecond, tapi karena ditengah jalan pesannya dimanipulasi, Injector membuka 4milisecond (+2milisecond tipuan dari “piggyback”).
@41. Bro Mbelgedez
Mudah-mudahan ATPM-nya sudah mapping Tabel AFR sesuai kondisi BBM di Indonesia, tetap maksimal dengan PERTAMINA.
@bengkelsepedamotor #43
Semoga ajah boss….
Soale, TAG pertamina ajah cuman brani menjamin PAS takarannya, bukan menjamin OKTAN ato RON nya….
ke…ke….ke… 😆
@38 Bengkelsepedamotor
kayaknya yang masih kuliah ane doang nehh… yang lain dah jadi pakar he.he…
Mengenai mo buat sendiri ECU, apa effort nya ngga terlalu besar… Lagian untuk modern engine rata-rata dah dilengkapi dengan EPROM atau flash memori. Jadi bisa di update kapan aja… Tapi jangan sampai salah update. Mesin bisa meleduk, atau ngga bisa distarter.
kalo produsen ECU di Indonesia ada Khatulistiwa Suryanusa (biasanya untuk mobil) http://www.ksnusa.com/index.html
BTW, 2 tak juga udah ada yang injeksi kok 😀 , golongan scooter tapi…
Nice topic…
Apakah penggunaan EFI butuh sensor2 sebanyak yg ditulis artikel di atas? Andai dipasangi semua utk motor harian gimana bisa akurat jika sering terkena air, debu atau ketempelan lumpur. Gimana juga dari contoh yg sudah ada Suprax pgmfi ternyata tidak lebih baik dibandingkan tipe karbunya, please dech… kita dukung aja kelangsungan hidup komodo agar jangan sampai punah, mana ini hewan habitatnya cuma ada satu2nya di indonesia…, lha apaan sih!
Wah……….keren nih artikelnya bos. Walaupun kagak ngerti minimal bisa dijadikan panutan jikalau ntr punya motor canggih.
Motor2 di Indonesia ketinggalan jaman ya, gak kaya perkembangan mobilnya….
Sekarang baru Supra ama V-ixion saja ya….??
Ingat kata iklan SupraX 125 PGM-FI :
“Suatu saat teknologi motor akan seperti ini, Gue duluan….” 😆
EFI yg bagus memang kudunya punya banyak sensor, sebab banyak sekali parameter yg mempengaruhi terjadinya pembakaran ideal.
Masih ada lagi knocking sensor yg memberitahu ECU kalau terjadi knocking.
Bro bengkel, saya rasa untuk bikin sendiri ECU di Indonesia sudah pasti bisa, kan yg bikin digital ignitor aja sudah ada. Prinsipnya sama2 rangkaian digital ya ndak terlalu jauh beda lah. Lha wong sodaraku yg kuliah aja dulu tugas akhirnya bikin digital ignitor pakai EPROM.
bener sekali… setahu gw injeksien di motor bikin motor hemat bahan bakar, trus larinya kenceng cuma di indonesia apa udah ada bengkel pinggir jalan(mean: bukan bengkel resmi) udah ada yang bisa ato ngerti ttg mesin injeksion…. sample: klo jalan jauh trus motor mogok, rider ga begitu th rusaknya apa trus di daerah situ ga ada bengkel resmi adanya bengkel biasa(pinggir jalan gtlah) apa ridernya mo ngedorong tuh motor ke bengkel resmi yg ga tahu adanya di mana(mundur jauh, maju ga th)
*modalhenponpenuhpulsautktelptemenmintatolongbantuindorong…… xixixixixi….
Honda emang pelopor tehnologi masa depan.
motor dengan sistem injeksi elektronik pertama di indonesia adalah motor Honda PGM FI.
Tunggu saja tanggal maennya, akan muncul motor sport Honda dgn injeksi bahan bakar elektronik.
btw buswei….
yang selalu bilang Honda pake tehno jadul justru ente2 tuh yg tidak tahu tehnologi.
sedikit trivia mesin DOHC dipakaii mulai tahun berapa ?
ada yg tahu ?
mesin dohc FIAT dipakai balapan pada tahun 1912 ,
jadi jelas DOHC itu tehno jadul saudara saudara…..
@ 45. Bro Koro
Maksudnya biar Indonesia ada produk yang dibanggakan (kalau buat ECU saja susah apalagi mau buat sepedamotor), walaupun prossesornya import (motorolla), atau Indonesia memang cuma dijadikan pasar, semua jualan di Indonesia tapi produk, atau kantor cabang di Asia Tenggara semua kumpul di Singapore & Malaysia.
KS Nusa bukan produsen ECU, tapi distributor HALTECH dari Australia, sudah dipakai di sepedamotor (saya konsultanya, mekaniknya dari KS Nusa) sukses sampai bertarung dua kelas diatasnya yang masih pakai karburator, tapi saya sih lebih pilih MOTEC ECU dari Australia juga, di Indonesia belum ada distributornya -CMIIW, kebanyakkan masuk lewat jalur underground (Hacker, Indonesia top abis kalau soal hacker, jadi susah deh kalau mau order on-line ke US nggak ada yang mau layanin) OOT.
Salam,
bengkelsepedamotor
@52.
Ada lage neh…. orgnya sama apa salah pencet lg? Gini teknologi kan shrsnya membuat sesuatu jd lbh baik, nah itu yg diaku sbg motor injeksi pertama di indonesia apa yg lebih baiknya?? lebih ngirit nggak, lebih kenceng nggak juga… cuma atu kelebihannya : lebih mahal… whue..he..he..he..
Emang Honda adalah pionir.
Dulu, tahun 58-an, si Super Cub 50 cc dikeluarkan Honda. Motor 4 tak pertama dengan model bebek pertama yang sampai sekarang, tahun 2007, masih ada tuh keturunannya.Komentar si Honda pun mirip dengan iklan sekarang ini, “Suatu saat teknologi motor akan seperti ini”.
Keturunan terakhir Super Cub, si Supra X sekarang make injeksi. Komentar lama terulang, “Suatu saat teknologi motor akan seperti ini.”
@52
Teknologi lama tapi di Indonesia pertama kali rilis DOHC adalah Suzuki Raider 125.
Honda juga paling belakangan pakai rem cakram pada motor bebeknya (meski yang nulis masih pakai teromol).Disc brake saat itu,dianggap gak perlu,tenaga bebek seberapa,susah servisnya.
Nah..kalo sudah dibuat masal jadi murah.
Honda Supra X 125 PGM F1 belum terbukti seluruhnya. irit? beda tipis bgt sama versi karburator.tenaga? gak jauh.idealnya sih ngikut Indo Prix.
Gw bener gak nulis PGM F1? he3x…
@55
itu berarti Soichiro Honda orangnya futuristis,memiliki kemampuan untuk melihat masa depan. Bebek kan penyederhanaan dari motor sport. kapasitas jauh lebih kecil,hanya 50 cc.
awalnya ditertawakan orang Barat tapi bisa lihat kan motor Eropa? tidak banyak beredar saat ini.The Power of Future plesetan dari The Power of Dream.Konsep yang sama dengan Tukul Arwana.kalo mimpi,mimpi yang tinggi sekalian.asalkan ada keinginan yang kuat untuk mewujudkan impian tersebut.
Yang nyebelin mah AHM bro…
@20
Sekalian bahas komparasi tarikan motor menggunakan 3 karbu :
1. konvensional
2. karbu vacum
3. injeksi…
menurut teory karbu vakum lebih lama, dibanding dengan karbu konvensioanal, karena cara kerja yang berbeda, giamana dengan injeksi…?
jelas donk…?
Kapan neh Suzuki Launching Thundher 150 PGM-Fi??? kog kabarnya lom nampak
@59
….??? suzuki merger ama ahm ya..?
@ 58. Penggemar ninja
Sip deh…. 🙂 Thx
@all
Mobil2 keluaran terbaru masih ada yg pake karburator gak sih…??
Sorry, gak ngikutin perkembangan mobil…
@59
Hehehehe… Iya MasBro… di seluruh dunia penyebutan PGM-FI itu udah jadi milik Honda… system injeksi brand laen mgkn punya istilah yg berbeda…
Jangan sampe ntar terjadi fenomena kayak di Jogja… Orang2 tua kl nyebut sepeda motor jadi ‘honda’…
“Nak… anterin Emak ke pasar naek honda Shogun ya? Muacete puol je kalo naek angkot…”
heuheuheu….
sniff… sniff…
[…] Posted by ilham in Otomotif, Referensi, Sharing, Tuning. trackback […]
Hmmm Great article
Makasih banyak bro…
@58:
karbu vakum alias Constant Velocity(CV) yang salah satunya di terapkan di Satria F150, permintaan fuel dikendalikan oleh dapur pacu lewat sistem vakum tadi. Dengan kata lain semakin tinggi tekanan pada sistem vakum, maka semakin besar pula permintaan campuran bensin-udara.
kalo injeksi kan banyak sensornya tuh… mulai dari sensor air-flow, fuel-pressure, oil-temperature, dll…. secara teori jelas injeksi lebih mantaff… soal tarikan kan bisa diatur lewat software remap
@ 66. koro
Oh… OK, Satria pake CV juga toh?
Trus gimana kalau banjir? Injeksi bermasalah ga? Sensor2nya rentan terhadap air ga? Kalau ternyata sensor2nya rusak kena air, mahal ga harganya? Kan sensornya buanyak?
@62 guspur:
kayaknya mesin mobil modern udah gak ada yang diproduksi menggunakan karbu, alesannya bisa bermacam2 seperti
– karbu kurang efisien mengirim fuel ke ruang bakar karena agak jauh. Semakin dekat delivery fuel ke silinder/piston/ruang bakar, maka semakin oke.
-karbu gak bisa menentukan AFR(air fuel ratio/campuran bahan bakar – udar) dengan baik karena karbu tidak dilengkapi sensor yang mampu mendeteksi kelembaban udara, suhu, ketinggian lokasi/altitude
-ketidak mampuan karbu mengatur AFR tadi, berakibat pada emisi gas buang kurang baik buat lingkungan
-EFI/injeksi jelas lebih irit daripada karbu
segituh dulu… mohon maap bila ada silap kata… sori kalo malah OOT
@67 limegreen:
mesin apapun entah itu karbu maupun injeksi, kalo ketemu banjir memang mesti waspada… kalo injeksi kena2 cipratan air dikit sih kayaknya gak-pa-pa.. jangan sampe kerendem deh tuh sensor..
untuk injeksi yang paling penting dijaga ya kualitas fuelnya.. karena diameter injektor yang kecil banget, gak boleh kena kotoran.. untuk aditif juga jangan asal pake..
Buat yang nanya harga sensor, contoh HONDA SupraX PGMFi
harga berdasarkan Daftar Harga Honda Genuine Part – Sept 2007
35160KPH701 SENSOR ASSY, BANK ANGLE Rp 105,000
Kalau ditulisan diatas disebut Vehicle-down Sensor,
Salam,
bengkelsepedamotor
@68
Berarti emang benar ya kalo “suatu saat semua motor bakal pake sistem injeksi”???…
Masalah mekanik pinggir jalan mah ya sama aja brarti ama fenomena mobil… kl mekaniknya males belajar ya mau gak mau cuma kebagian jatah nyervis metro mini kelak… 😛 Belum lagi kalo kelak metro mini juga pake FI juga… transmigrasi we ateuh meureun nyak?… heuheuheu…
@bengkelsepedamotor
Gile berat abis ilmunya, gw jadi penasaran nih bung bengkelspedamotor, kalo mau tune up motor injeksi biar tenaganya naik butuh biaya berapa ya? Gw rasa biayanya ga gede2 amat deh, cuma cari mekanik yang ngerti cara tune up mesin injeksi masih dikit banget. Paling Benny Djatyutomo dari Petronas star motor yang ngerti betul caranya, tapi udah jelas biayanya aduhai deh.. Tapi gw jadi penasaran mau beli vixion nih, mau rasain bedanya injeksi ama karburator.
@71
kelupaan tuh..iya deh,gw tambahin…
sniff… sniff…
@ Temmy Hartadi
Tenaga mau naik sampai mana ? yang jelas kalau motor yang paling kenceng dengan karburator ditukar dengan EFI, throttle diameter sama, ECU programable (bukan bawaan pabrik) dijamin yang EFI pasti menang.
Kalau EFI bawaan pabrik sama atau malah tidak bertenaga dibanding Karburator karena tujuannya buat lolos emisi.
Saya pernah ikut Dragrace 1/4 mile di Sentul yang pakai ECU Programable asli kenceng banget….
@74
mas..ngomongin mobil apa motor?
@bengkelsepedamotor
just wanna clarify nih… FI ini cm sistem pasokan bahan bakarnya kan? jadi kalo mau bikin kenceng motor FI ya “ngakalin” si ECUnya… PLUUUSSSSS… oprekan seputar silinder dan laen2nya tetep sama dengan oprekan mesin karbu kan? gak?… atau gimana?
@72
Buat tuning mesin ber-FI sih kayaknya lbh jago mekanik2 balap mobil deh… yg udah biasa ngulik piggyback… Kl si mesin motornya sendiri sih tinggal nyari mekanik/bengkel motor kenceng favorit…
Pak Benny udah ngulik FI gitu??… Kl gak salah dulu udah ada yg ngulik beksi Supra X125 udah berhasil tapi masih belum sempurna… trus indikator error nya juga kedip2 terus… (atau emg gt ya kl dipasang piggyback?)
jrang tuh cw ngarti mesin
@71 Bro Guspur
Boleh cek di ATPM Harley, Mabua H-D, terakhir tipe yang ada karburator 2006.
Sejak tahun 2007 semua model dan varian sudah ESPFI – Electronic Sequential Port Fuel Injection.
Maaf Metromini bukannya sudah pakai injeksi juga, tapi injeksi solar manual…..CMIIW.
Salam,
bengkelsepedamotor
@74
Diameter throttle ada alternatifnya gak di aftermarket???
kl buat motor ada diameter 24? 28? buat regulasi road race skrg bisa masuk gak tuh?
Iya tuh, jd penasaran… drag mobil apa motor? 😀
@77
Waduh??!!… bahaya neh… harus buruan ngoprek mesin injeksi dr sekarang… xixixixixiiii…
thanx bro!
@all
mesin diesel dalam jangka waktu tertentu memang harus dikalibrasi nozzlenya. CMIIW…
@79
Gus,emang melek gus?
sniff…sniff…
@75 Bro Girifumi
Dragrace tahun 2003-2004
Sepedamotor yang ikut Dragrace di kelas 1450cc stock, die naik kelas di 1450cc superstock masih menang juga, ECUnya pakai HALTECH. Dulu satu team dengan saya, eh sudah motornya kenceng buat team sendiri…. namanya juga balap
Salam,
bengkelsepedamotor
boss maav ada yang tau ngak bengkel buat setting injeksi bwt motor supra injeksi ? mohon infonya
!
@ Girifumi
Di Jepang hampir 95% skutik cc 50-100 sudah Injeksi..Bln agustus gw br dr sana, ngeliat skutik banyak banget, semua fuel injection
@Bengkelmotor
Ini tulisan bagus sekali…tp saya sedikit koreksi saja sekiranya berkenan..Mohon jgn tulis : Karburator EFI/Karbu injeksi..mohon tulis saja : Throttle Body (krn buat injeksi, yg menyalurkan udara ya namanya ini)
BTW, selamat berjuang dgn membuat ECU-nya…disini kita juga sedang riset Supra-X PGM-FI buat Motoprix/Indoprix sama OMR Honda tahun depan..ECU terpaksa pesan ke Amrik karena setelah ujicoba pake Piggyback…hasilnya ga sesuai harapan, banyak parameter di ECU (terutama Ignition timing) yg seharusnya bisa dimaksimalkan tapi ga bisa dirubah karena mapping/ grafik nya di Lock oleh AHM. Buat yg mau ngecengin mesin injeksi, memang ga ada pilihan lain selain memodifikasi ECU-nya dimana yg pasti sich harganya memang ga murah. Kl cuma pasang knalpot racing ato Piggyback yg cuma ngasih bensin tok…ga akan maksimal, bisa lebih pelan iya..ga percaya?? Kebet aja otomotif yg ada ujicoba piggybacknya serta tes knalpot racing…Maaf bro, bukan nakutin, tapi sampe saat ini seting injeksi memang buat org awam masih agak ribet dan terus terang…BUTUH DUIT kalo mau sempurna…makanya kita aja lagi cb pesan ECU ke Amrik.
Terima kasih
@82
akhirnya..ente nongol aja.
masih rajin nyeting mas?
bener gak Honda Revo 110 cc…?
@ 82 Anto
Australi ada tuh deket mungkin bisa pesen sama INDOMOTOR (kafe sebelah). November dia balik Indonesia.
Throttle body itu rumahnya skep, baik karburator maupun EFI dua-duanya pakai.
Saya pakai istilah karburator manual dan karburator elekronik karena dua-duanya meng-karburasi (meng-kabutkan) BBM, terimakasih koreksinya, yang penting biar semua paham…
Salam,
bengkelsepedamotor
@80
InsyaAllah melek kok Mas… Banyak cara buat belajar… sodara saya si Gus Dur aja masih bisa hafal ribuan nomer telfon di luar kepala dan selalu update berita politik terbaru tanpa membaca langsung dr koran atau menonton langsung di televisi…
sniff… sniff…
@82
Kalo risetnya udah sukses kasih kabar ya Mas? Ada 2 BekSi yg jongkok pasrah di bengkel… 🙂
@83
Masih niy..nunggu pesenan itu tuw yg lama (he2x..maklum belum lunas..abis mahal banget itu ECU)..gw sendiri juga lagi nunggu Risetnya REXTOR tuw…Sampe saat ini ya ngetesnya pake PIggyback mobil ajah, dan yg pasti sich belum maksimal. BTW Honda supra-x karbu settingan kita sudah sampe 20 HP..nah yg Injeksi ini kalo sempurna seharusnya bisa lebih dr itu, walau mungkin bedanya ga terlalu jauh…
Gw siy bukan org Honda, tapi sepertinya kabar itu sdh 75% bener (saat ini). Mesinnya mirip Honda Nice kok..BTW, kita pernah setting FU skr juga lagi setting CBR en Vixion lo…..Nah itu Vixion kasusnya hampir mirip ma SX 125 Injeksi, bedanya di bengkel resmi Yamaha bisa minta setting sedikit…Gw salut sama halus bukaan Throttlenya..khas Injeksi, smoth walau lesu sama tenaganya, apalagi kalo di banding ma CBR
@84
Mungkin krn kebiasaan aja, di kita yg memang bengkel Mobil nyebut itu rumahnya ya pake istilah yg bener, sesuai buku lah..makanya kalo karburator ya karbu, kl Injeksi ya harus Throttle Body…ya sekedar mengingatkan saja..O ya trims atas Info INDOMOTORnya….
BTW setahu gw sich cr kerjanya beda tuw bro..kalo karbu memang mengkarburasi (bensin dan udara masuk ke ruang bakar bentuknya kabut)..tapi Injeksi bukannya murni semprotan bensin??? Walau bentuk semprotannya mirip kabut krn menyebar..CMIIW, tapi menurut gw (juga buku) begitu..apalagi yg sdh Direct Injection bro…malah bener2x liquid lo yg di semprot…CMIIW
@86 Guspur
He..he OK bro..BTW itu motor “tidur” krn rusak atao mau di setting???
Kalo mau di setting biar kenceng sich saran gw :”siap duit”..he..he
Kalo mau cuna 1/2-1/2 aja…sayang bro….kecuali Hobby. Soalnya bangun mesin injeksi terus terang, butuh waktu dan dana. Tapi kalo rusak siy tinggal bawa ke AHASS aja..tapi pilih yg gede krn biasanya mereka lbh ngerti dan lbh sering tanganin beksi..
@88
Naaahh.. pasrahnya tergantung sampeyan kok Mas… kalo hasil risetnya bikin si Beksi ini tambah irit tp tetep bertenaga ya brarti mau disetting buat ojek… Tapi kalo tyt hasil risetnya bisa dongkrak performa dan itung2an efisiensi buat balap lebih oke ya brarti bisa dikaryakan di jalan yg benar… begitu toh?? hehe… 😀
@87
Kok di presentasinya org Yamahmud dan ulasan di tabloid dibilang tenaganya si Vixie lebih yahud dibanding CBR??…
@88
mbok ya sampeyan bikin artikel tentang bebek injeksi..
gw dari dulu masih cari bahan.ayo bro,keep writing…
@89
Ah Gus pur…berita atau informasi seperti itu harus disikapi secara lebih bijaksana lah..serta kita kudu berfikir sebaliknya untuk mengkompare ulasan tersebut tul ga??
Nah dr kita siy ulasannya gini gus, kita ngomong sisi tehnis aja..Gw sich dah cb scr bergantian keduanya..kesimpulannya Vixion lbh user Friendly..CBR perlu sedikit skill buat meridenya biar bisa kabur..Concludenya nanti sekalian dech…
Yamaha bikin Vixion itu khan buat crusing/ peopple mover di perkotaan..makanya di bikinlah mesin type Unicam yg bertorsi hebat di RPM rendah menengah (catetan gw di rentang 5000-8500rpm ini motor enak tenaganya), plus pemakaian injeksinya makin enaklah dia, makanya liat aja limiternya cuma di 10 rb RPM yg berarti ini bukan motor bertenaga di RPM tinggi. Makanya grafik tenaga motor ini di RPM tinggi cenderung datar atau malah makin turun. Yang jelas karena karakter mesinnya sedemikian rupa, jadi lebih gampang di kendalikan (as i said ini motor user Freindly..siapa saja bisa langsung nyemplak dan greeennggg..ini hebatnya Yamaha, bikin motor yg ga nyusahin konsumen)
Nah Honda bikin CBR dengan pendekatan yang berbeda. Seperti kita tahu CBR khan dibikin buat Gantiin NSR yg sangat melegenda itu, juga dr Thainya sendiri dia disebut City Sport. Tuw…dah keliatan khan ada kata sportnya, jadi kira2x tau khan maksudnya, selain buat cruising motor ini sebenernya sich, menurut kita, di bikin dgn acuannya motor balap sirkuit (seperti NSR).
Nah dr segi teknis Mesin DOHC dgn langkah piston lbh pendek dr bore pistonnya memang bukan berkarakter di RPM rendah-menegah, yang jelas ga perlu khan buat tanding di sirkuit…That’s why CBR sangat bertenaga di RPM tinggi. Tapiiiii…buat kondisi macet kota khan jelas ga enak, apalagi Torsi bawahnya CBR itu memble banget-nget-nget-nget
@91
unicam..??maksudnya apa ya..??
soalnya yg daku tau unicam dipake dan dipaten ma honda pada sistem klep..??
cmiiw aza laahh…
@ Om GIRI yang pernah foto ama FUMI
pokoke kerjaan di kantor nomer dua… tune in di KFM nomer satu…!!!
@93 Nuvan™
Se7 Bro… kerjaan gw dai 2 bulan lalu belum kelar-kelar. Pusinng!!
@42. bengkelsepedamotor
kalo memang bisa diganti, caranya gimana? apa aja yang dibutuhin?
kira2 biayanya berapa?? Thanks Bro
Catetan gw..Torsi CBR baru muncul..sekali lagi baru muncul ,di 6500 dan baru keluar penuh di RPM 8000an..see the diffrence from Vixion??? Nah dr 8000 tsb baru dech itu “Kuda pada ngamuk” sampe batas Limiternya, 11.500 RPM. Kondisi ini yang menyebabkan motor ini tidak User Friendly untuk most of Indonesian People yg sudah terbiasa di kasih motor yang sdh bertenaga di RPM rendah-menengah.
Nak kesimpulannya Vixion itu lbh User Friendly di pakainya karena powerbandnya lebih rata dan lbh cocok di perkotaan, sementara CBR perlu sedikit Trik & skill untuk menggendarainya biar bisa melaju bebas karena powerbandnya sempit, begitu keluar, keluar segede-gedenya. That’s why kl yg ga biasa pake ni motor, ga usah Vixion…lawan Shogun SP 125 aja bisa sedikit keteran awalnya…
Tapi Kalo dah bisa sich jelas ga masalah..malah asik, gw seneng denger jeritan mesinnya di 11 rpm..merdu banget, dan ini motor jelas sanggup buat ngelawan kalajengking 225. Enaknya niy motor sangat modificable banget..nget..nget..ganti knalpot aja sudah bisa bikin lbh ngacir (kayaknya sich memang dibikin sesuai dgn konsep awal..buat motor yg bisa di rubah gampang dan cepat jd motor balap). Apalagi ganti CDI, Koil..engine blue-print dsb..dsb..estimasi kita sich niy motor kalo di bikin full spec race engine, mungkin bisa nyentuh 28-30 HP…
Masalah Horse power siy kita ga perlu membesar-besarkan lah…ga usah diukur di DYNO, dr segi teknis juga sdh keliatan kok. Gw sich ga bisa bk hasil dyno gw terhadap motor2x tersebut..ntar di blang rancu lg..tapi sedikit info aja : Tenaga kuda vixion itu kalah sama Pulsar ( sekalian konfirm hsl uji cb salah satu tabloid)..he..he dan CBR yg bisa ngalahin HPnya cuma Kalajengkin 225..Tapi untuk rentang RPM rendah-menegah Torsi Vixion jelas lebih hebat drpd CBR..sekali lagi skr tinggal ridernya aja yg pilih…as information, buat di sirkuit sich ngeliat hasil tanding antar klub beberapa bulan lalu…posisi 123=CBR, 4=Satria FU-150, 5= Yamaha Scorpio 225
Sekian dulu tanggapannya
@92
Yup..anda betul..sebutan Unicam sebenernya memang lebih ke Honda..tp berhubung Yamaha blm punya sebutan untuk type klep seperti itu..let’s say kita pinjem aja istilah itu.
BTW..mesin Unicam Honda salah satu contohnya ada di Honda CRF 250 versi lama
@96..
ooooo….(ternyatavixionpakeygkekgituthodakubarutau)
matursuwun…
O..ya kalo mau liat contoh gambar mesin Honda Unicam klik aja:
http://www.topspeed.com/motorcycles/motorcycle-reviews/honda/honda-crf150r-ar15414/picture109883-5.html
Ini Honda CRF 150R 2007..he..he CCnya sama kaya CBR , beda BorexStroke ajah..
Tu honda unicam tapi 3 klep lo 😀
Honda XR250 yang Unicam 4 klep
V-ixion 4 klep, Thunder 4 klep..
Kalo CRF 230 (223 aslinya), pakek mesin generasi GL (tiger untuk jelasnya) 223cc.. Lebih jelas liat web honda ajah.. Tapi 2 klep.. Kok malah kalah sama yang 150cc yah??
BTW, tu konstruksi Unicam 3 klepnya Honda CRF150 keren lo… Gak kayak mocin 3 klep… Maaf kalo salah…
Ehhh.. XR atau apa ya?? Eh bener CRF 250 dan CRX 250 deng… Maaf….
@ 94. Bro d3d3mit
Jenis sepedamotornya apa ?
Kalau pakai komponen Supra X PGMFi untuk Throttle Body Assy termasuk Injector Rp. 1.350.000 (lihat di Harga HGP).
Biaya pasang relatif tergantung bengkel yang mengerjakannya.
Salam,
bengkelsepedamotor
Mahal bener….. Yah baru sih… Belum ada “generik”nya 😀
@87 Bro Anto
Maaf kalau buku yang saya pakai beda dengan buku yang anda pakai, Terimakasih lho masukkannya.
Berikut kutipan dari wikipedia soal “Throttle body”
A throttle body is somewhat analogous to the carburetor in a non-injected engine. Carburetors combine the functionality of the throttle body and the fuel injectors into one, that is, to modulate the amount of air flow, and to combine air and gas together. Cars with throttle body injection (called TBI by General Motors and CFI by Ford) locate the fuel injectors in the throttle body, thereby allowing an older engine to be converted from carburetor to fuel injection without significantly altering the engine design.
Salam,
bengkelsepedamotor
@102 Bro Dimas Bimo A.K.A wyren
Bener saya nggak ambil untung, coba deh tanya toko sebelah….he..he..
Kalau mau ganti ECU buat balap, ECUnya saja sekitar 10juta, beneran dipakai buat balap lho jangan dipakai ngojek…
Salam,
bengkelsepedamotor
@91 & 95
CLEAR!!!… Thanx MasBro!!!… 😀
sniff… sniff…
@ all
Ada yang punya Workshop Manual Honda Supra X PGMFi
cara baca kode kedipan indikator EFI kalau error ?
Terimakasih,
Salam,
bengkelsepedamotor
@ 38. bengkelsepedamotor – Oktober 24, 2007
Tnq sumbangan tulisannya, sangat membantu… Saya juga dapat sedikit bocoran soal instrumentasi untuk V-Ixion. meski belum secanggih EFI motor2 di japan atau moge, mungkin sistem injeksi V-Ixion cukup menarik juga dibahas sebagai contoh kasus. soalnya dengan tekno ini klaim Yamaha tentang performa motor ini atas pesaingnya lumayan tinggi…
bikin penasaran bro
@103
Sebenernya sich bro bengkel, buku yg ngulas maksudnya sama saja..saya yakin paham dan dasarnya sama persis…nah itu dr WIkipedia juga menjelaskan ,sama khan?? he..he
BTW, gw cm mau agar pembaca dan rakyat lebih melek lagi sama technologi EFI..salah satunya ya cara penyebutan perangkatnya..biar ga kebalik dan tidak rancu di kemudian hari..he2x biar ga kaya jaman orla gitu..pake “Ken”..he2x..
@ 82. anto – Oktober 25, 2007
Bro Anto, setahu saya karburasi itu memang digunakan untuk membicarakan mekanisme pembakaran. karburator ya alat yg melakukan itu. namun karena dulu cuma ada teknologi yg non injeksi, maka alat/piranti karburasi saat itu disebut karburator. padahal piranti injeksi pun sebenarnya masih bernama karburator. di balapan tingkat tinggi kayak formula 1 dan A1, istilah karburasi masih dipake, padahal sistem pasokan bahan bakarnya emang udah canggih amat… hehehe (CMIIW)
Tp kalo di sini maksudnya untuk membedakan dengan injeksi, maka tepat juga istilah itu dibedakan saja… Meskipun dalam makna generiknya, karburator sebenarnya ga harus terbatas pada model karbu yg ada selama ini, tapi juga mencakup sistem injeksi
@107 Mas Ilham
Sama-sama terimakasih.
Tulisan diatas sebagai bahan dasar teori kerja EFI.
Kalau soal performa (V-Ixion) lebih cenderung bagaimana AFR tabel yang diisikan oleh ATPM kedalam ECU. Mestinya sih ikut aturan emisi gas buang, alias tidak bertenaga.
Kecuali di knalpotnya ada sensor 02 yang tipe wideband jadi sistimnya akan memeriksa hasil pembakaran, kemudian memberi input ke ECU untuk mengatur ulang output ke Injector (closed loop Injection System).
Selain dari itu biasanya bahasa IKLAN (selalu baIK kata yang juaLAN).
Salam,
bengkelsepedamotor
@109 Bro Ilham
Saya bedakan menjadi Karburasi Manual (analog) dan Karburasi Digital.
Salam,
bengkelsepedamotor
@ 110. bengkelsepedamotor – Oktober 25, 2007
Kekekekeke… iklan bikin dunia jadi lebih sedap. asal “lidah” kita tetap tajam, tentu kesedapannya tak akan menipu 😀
sama2 bro… and Karburasi Manual (analog) dan Karburasi Digital istilah yg bagus
Pembahasan yang OK. Sekarang sudah mulai memasuki jaman injeksi. Dari Supra X125 PGMFI, V-Ixion dan bentar lagi Tiger. Dari booming CDI dan bentar lagi booming ECM atau ECU.
Harga ECU luar-negri emang 7 digit ke atas. Tapi kalo bikin di lokal, harga ECU ga akan melebihi 6 digit.
@93
iya kali ye???
@all
kalo sudah produksi masal ECU bisa lebih murah lagi.injeksi pada mobil sudah tidak bisa ditawar lagi.Euro 1 saja gak lulus,apalagi Euro 2.
Injeksi memang diciptakan untuk memudahkan,tinggal bagaimana mengedukasi bikers tanah air.
dulu waktu CDI ada,timbul hal yang tidak perlu.gak bisa distel lah,kalo ganti,ganti keseluruhan lah..coba sekarang saat ini?
vespa pun sudah memakai CDI,rem cakram (gw aja yang belum),electric starter (kalo yang ini wedulgembez yang belum).tampilan klasik tapi mesin modern.sayang masih 2 tak.
malah Zhong Sen yang kebagian memproduksi Fly.
@109
Bro Ilham, trims atas infonya..namun menurut saya untuk dunia balap saat ini sudah tidak di pakai lagi istilah karburasi (karena itu memang hanya ada di karburator)..Untuk injeksi yg hanya ada spray, pressure dll..dll. Dr cara kerja keduannya juga sudah beda…Yg satu ngabut dulu (bensin dan udara dicampur dulu dikarbu utk dijadikan kabut) baru di masukkan, yg satu langsung disemprot sambil di kasih udara buat bakar..
Ini ada sedikit copy informasi:
The primary functional difference between carburetors and fuel injection is that fuel injection atomizes the fuel by forcibly pumping it through a small nozzle under high pressure, while a carburetor relies on the vacuum created by intake air rushing through it to add the fuel to the airstream.( see what i mean???)
The fuel injector is only a nozzle and a valve: the power to inject the fuel comes from farther back in the fuel supply, from a pump or a pressure container.
Nah, kira2x sudah mengerti khan perbedaannya, itu yg mau saya cerahkan disini…dr sistem kerja saja sudah beda banget bro. Jd secara harafiah siy menurut yang saya fahami…dalam sistem Injeksi sdh tidak ada lg yg namanya karburasi, tapi fuel yg di pressure shg membentuk spray..that’s why pd sistem ini ada perangkat FPR…
Yg lebih advance lg skr ada Gasoline Direct Injection
Bener, org2x yg masih sangat awam (terutama Riders) kudu diedukasi maslah EFI ini, supaya kita juga ga makin ketinggalan ma tetangga sebelah
@ girifumi an tekhot
wah..bikin ECU aftermarket ga segampang itu Bro…ga kaya CDI yg sedang booming.ECU jauh lbh rumit dan kl iya di produksi, paling2x OEM produknya..kalo ECU aftermarket yg punya mapping kaya MOTEC atau HALTECH…hmmm i doubt it org kita bakal buat, tapi who knows…Sampe skr sich buat mobil, baru ada made in Aussie yg paling deket dan paling murah..tp itu aja sudah 10 jt bro…hiiiiii
Kl iya bisa buat, kita dr dulu pasti sdh cr orgnya, soalnya tehnologi injeksi di mobil udah ada lbh lama di negara kita…a
@116
mas anto ono email ora?
btw,ada istilah no doubt.
gw dulu juga gak nyangka CDI BRT & Rextor bisa berkembang seperti sekarang ini.kalo yang ini sudah aku bikin artikel sebelumnya.Itu ECU buat motor bukan? mungkin kalo untuk motor apalagi bebek bisa lebih murah kali ye?
@117
Wonten : w_m1011@yahoo.com
wuaduh…udah sampe sgini diskusinya…. hhhhooaahh ngantuk bacanya….
throttle body sama carburator sih memang beda kok. tapi secara fungsi kayaknya ndak jauh2 amat. kalau direct injection baru keliatan jauh bedanya, itu moncong cuma dipakai buat saluran udara aja jadinya.
@115 Bro Anto
Terimakasih masukkannya, masing-masing terjemahin sendiri yaa….
Salam,
bengkelsepedamotor
Mas Ilham, saya nulis lagi… Terimakasih,
EFI – PIGGY BACK untuk Sepedamotor
by bengkelsepedamotor
Karena suatu saat semua sepedamotor akan menggunakan EFI.
Hal tersebut diatas terjadi bukan karena diperingatkan oleh salah satu produsen sepedamotor dalam iklannya tetapi karena kesepakatan peraturan globalisasi tentang emisi gas buang yang harus dipatuhi oleh semua produsen otomotif di dunia.
Sebelum membaca lebih jauh ada baiknya membaca dan memahami tulisan sebelumnya tentang EFI untuk Sepedamotor, khususnya mengenai nama komponen dan fungsinya.
PIGGY BACK kalau menurut kamus (kamus saya) artinya menggendong dibelakang.
Arti harafiah karena piggyback ini umumnya diletakkan diatas/digendong ECU bawaan pabrik, khususnya piggy back yang mempunyai kemampuan untuk memodifikasi tabel AFR maupun saat pengapian.
Sesuai kebutuhan modifikasi mesin yang telah dilakukan, seperti sewaktu masih pakai karburator ganti slow jet, jet needle + needle jet, main jet, atau menggeser pick-up coil untuk memajukan saat pengapian lebih canggih lagi tukar CDI yang kurva pengapiannya dapat diubah, namun sekarang bedanya semua hal tersebut dilakukan secara digital.
Piggy back minimal mempunyai 3 soket;
2 soket kabel sesuai soket ECU dan kabel utama (main harness), sehingga semua kabel yang berhubungan dengan ECU melewati soket Piggyback lebih dahulu.
1 soket untuk koneksi ke PC untuk merubah tabel AFR (ganti jet/spuyer) dan tabel pengapian (geser pick-up coil, kurva pengapian) secara digital di layar monitor.
Jadi lebih ringkas dan cepat, tidak pakai obeng atau ada bensin berceceran saat membuka mangkok karburator, tinggal colok, pakai laptop, ganti spuyer deh, tidak ada istilah ukurannya tidak ada, bahkan ukuran “spuyer digital” bukan #40, #45, mau pakai ukuran #40,22 juga bisa.
Seperti team MotoGP, mekanik saat persiapan sebelum warm-up lap ada yang bawa laptop, colok, cek, kalau ada perubahan kodisi atau cuaca tinggal copy, paste tabel yang paling sesuai dari kumpulan tabel-tabel saat latihan, tapi yang ini map AFR langsung di ECU bukan pakai Piggyback. (Tulisan ECU aftermarket menyusul).
Kali ini yang dibahas adalah Piggyback yang hanya mengubah AFR, untuk memodifikasi sinyal atau keluaran yang dikirim oleh ECU kepada INJECTOR.
Lebih sederhana tidak usah pakai PC atau Laptop soket tempat coloknya nggak ada.
PAKAI OBENG, masih pakai obeng untuk penyetelan “Spuyer Digital”.
Gambar 1.

bagian ke 2
Dari gambar tersebut nampak ukuran “piggy back” dibandingkan ukuran uang kertas latar belakangnya.
Soket yang nampak adalah sepasang soket yang sama dengan soket kabel INJECTOR, jadi semua perintah dari ECU akan masuk dahulu ke alat ini kemudian baru ke INJECTOR.
Gambar 2
Terdapat 6 kotak potensiometer berwarna biru dengan bagian tengah yang dapat diputar, hasil maksimal yang didapat dari alat ini adalah 40% (-10% ~ 40%) khusus untuk Accelerator Pump 100% (0% ~ 100%) dari kondisi standar perintah ECU.
Misalkan secara digital main jet ukuran # 100 jika potensiometer mainjet diputar searah jarum jam sampai maksimal digital main jet menjadi ukuran #140.
Hemat nggak usah punya koleksi spuyer lagi.
Detail kegunaan potensiometer:
1. Slow Jet Digital
2. Jet diantara #1 dan #3
3. Needle Jet Digital
4. Jet diantara #3 dan #5
5. Main Jet Digital
6. Accelerator Pump, untuk tambahan BBM jika grip gas dibuka tiba-tiba seperti pada karburator tipe CV (karburator dengan skep vakum).
Yang perlu diperhatikan alat ini sensitif dan tubuh manusia mengandung aliran listrik statis (electrostatic), sebelum memutar potensiometer, pegang bagian logam sepedamotor, ground atau terminal negatif baterai/accu/aki, untuk menghindari kejutan listrik statis yang dapat merusak komponen didalamnya.
Semoga bermanfaat.
Salam,
bengkelsepedamotor
INFO TABEL AFR & PENGAPIAN
Tabel 2 dimensi untuk jenis EFI Alpha N :
sumbu X – Posisi Throttle dari Throttle Sensor,
sumbu Y – Kecepatan putaran mesin dari Crank Sensor.
Tabel 3 dimensi untuk jenis EFI Speed Density :
sumbu X – Posisi Throttle dari Throttle Sensor,
sumbu Y – Kecepatan putaran mesin dari Crank Sensor,
sumbu Z – Tekanan saluran manifold / Engine load dari Inlet Air Pressure Sensor.
Dua jenis EFI yang umum digunakan oleh sepedamotor, untuk mobil lebih umum menggunakan jenis EFI Mass Air Flow.
Catatan:
Tulisan ini untuk referensi saja, saya tidak menganjurkan untuk merubah setting pabrik yang mengakibatkan kadar polusi gas buang meningkat, tidak ada hubungan dengan produk atau produsen otomotif manapun, saran dan kritik atau klaim hak cipta kirim ke e-mail: bengkel.motor@yahoo.co.id
EFi itu bukanya penyanyi dangdut yak ??
HT-EFI, nah lo kok malah jadi inget seseorg ye
Sekarang teknologi komponen dah berkembang jauh dibandingkan 3 taon yang lalu. MIPS processor pun dah meningkat jauh walaupun cuma 8 bit, apalagi yang 16 bit ato 32 bit.
Untuk CDI DC 350V universal programable saja harganya cuma 150ribu, paling mahal 200ribu. Dengan 500ribu dah dapat CDI DC 600V universal programable dengan 16 kurva.
Komponen paling vital dari ECU itu bagian processornya. Harganya kurang dari usd 6 dah dapat versi ARM7 32 bit untuk qty 1000 pcs. Kalo processornya tipe 8 bit dengan speed 8 MIPS, harganya kurang dari usd 2,2 per 1000 pcs. Jadi kalo buat di lokal, harganya ga akan lebih dari 6 digit. Itupun dah pake pengapian CDI, bukan TPI. Kalo pake pengapian TPI seperti Supra atau V-Ixion, harganya bisa lebih murah karena cuma dengan 1 MOSFET saja.
@125 Bro Tekhot
Bagaimana untuk sampai terwujud ada ECU Aftermarket rakitan Indonesia ?
Atau lebih praktis import saja,
di @122 saya buat foto rangkaian dalam “piggyback”
Salam,
bengkelsepedamotor
Bulan November ini berbarengan dengan launchingnya CDI yang disebut di atas, akan dimulai proyek ECU motor dengan objek Supra dan V-Ixion. Soalnya motor pesanan datangnya bulan November juga. Diharapkan sudah selesai sebelum Tiger injeksi launching bulan Pebruari taon depan.
@126
Setuju sama bro bengkel sepeda motor…kayaknya kl mau bikin ECU aftermarket sendiri, sepertinya Indonesia sich belum sampe kesitu ilmunya, perhitungan saya sich sekitar 10 tahun kedepan juga belum..bukannya menjelekkan…tapi liat sikon saja…Thailand saja yg lbh maju tehnologinya sampe skr masih belum bisa buat ECU aftermarket sendiri, at least sampe saat ini.
@125
Betul bro tekhot…komponennya sich memang ga mahal…tapi yang “mahal” itu mapping/grafik dr ECU tersebut, apalagi yg aftermarket biasanya sdh punya maps tersendiri. dasarnya kita ya harus punya maps ECU OEM dulu dan harus kita Hack buat bacanya (yg tentu perlu software serta interface)
@ 128 Bro Anto
Saya yakin Indonesia bisa….. soal software programer Indonesia kan banyak…
@127 Bro Tekhot
Maju terus, ada e-mail nggak kalau mau kontak langsung…
Salam,
bengkelsepedamotor
Selama ini untuk CDI universal programable saja, kurva pengapian kita hack dari CDI pabrik. Ga cuma itu, tipe pulser dan panjang sinyal pulser juga kita hack tanpa bongkar mesin dan tanpa timing light. Jadi untuk hack ECU juga ga masalah.
@129 Bro Bengkelmotor
He..he kl ngeliat potensi kita sich iya, lulusan S-2 programer juga banyak kok…tp sampe skr kita belum nemuin bro, dan mereka juga bilang bikinnya butuh waktu, perlu uji cb dan tentu bantuan ATPM..he2x…Kl dah ada mah dr dulu kita pasti sudah pasang buat mobil kita, tau sendiri khan ECU aftermarket made in LN muahall???
Makanya kita jg lg nunggu riset REXTOR…mereka khan lg cb bikin ECU sendiri tuw…
Tapi who knows??? Indonesian people khan could make anything for everything
@130 Bro Tekhot
Percaya, saya juga dukung untuk ada ECU rakitan lokal, soalnya piggyback yang saya ulas harganya sekitar 4 jutaan gampang sih settingnya cuma pakai obeng, nggak perlu laptop. Trus yang disetel cuma AFR tambah dari ECU saja kurva tidak bisa, pengapian tidak bisa.
Sukses risetnya buat Bro Tekhot.
Salam,
bengkelsepedamotor
@131 Bro Anto
Kita maksudnya siapa ? kalau maksudnya saya, masih jauh.
Saya cuma lulusan SMA…
ECU banyak koq yang murah, ssstt dari Jateng….ups…
Salam,
bengkelsepedamotor
@133 Bro Bengkel
He2x…saya juga bukan S-2 programmer malah , maksud saya lulusan s-2 itu saya sudah tanya beberapa rekan dan klien saya yg kebetulan lulusan IT, maksud saya kita itu, saya dan kawan-kawan disini….
Kl memang murah kenapa tidak dicoba bro???
Selamat mencoba
Best Regards
@134 Bro Anto
Bukan cuma mencoba, sudah berhasil koq…..
Kalau ECU yang bisa di program, bengkel saya sudah coba empat tahun yang lalu (2003) pakai produk Australia, pasang di sepedamotor (bukan di mobil). Turun balap dragrace 1/4 mile di Sentul dan Yogya (taxi way Adisucipto) sampai turun 2 kelas diatasnya masih bisa melawan yang karburator (total turun di 3 kelas berbeda).
Maksud saya kasih info yang murah itu buat anda, juga info kalau mau pesen yang cepet ke Australia saja lewat INDOMOTOR.
Kalau pesen ke Amerika apalagi kalau belum lunas (komentar anda No.87) ditunggu sampai tua juga nggak bakalan datang.
Saya mau coba ECU rakitan lokal, percaya sih kalau Bro Tekhot bisa buat lebih murah karena ECU Australia kalau cuma dipakai buat satu silinder 125cc walaupun bisa, banyak yang mubazir, aslinya bisa kontrol sampai 12 silinder, plus NOS, Lamda Control, Launch Control, dll.
Salam,
bengkelsepedamotor
Wahhh… isinya bebobot semua, jadi tambah ilmu nih..
cuman ane capek bacanya, ga taunya udah ketinggalan jauh….
Tambah jauh tambah berilmu………. TOP BGT
Waaah …..bagus banget info nya tuh bro……kayenye…..ane mau beli V-ixtion..hehehe….biar ngga ketinggalan teknologi tu.
@138 Bro Farhan..
cuma mengingatkan, teknologi yang digunakan oleh ATPM untuk produksi massal bukan bertujuan hanya untuk performance, tetapi untuk daya tahan, ekonomis dan mengurangi kadar emisi gas buang beracun.
salam,
bengkelsepedamotor
@135
Trims Bro Bengkel atas Infonya..bener juga yach..kl belum lunas mah ga nyampe2x…he..he..mungkin nanti kalo ga lunas2x saya bisa menghub. Bro untuk infonya…BTW, drag pake Harley yach….
Betul…ECU yg bagus bisa ngontrol macem2x kok. Oya..kl sdh cb ECU lokal trus hasilnya bagus…di bahas disini yach…trims
Salam
Kalo HD bukannya tinggal seting aja?? Gw udah pernah liat Ultra-Glide screaming eagle 2007an yang lagi di seting injeksi di mabua semarang sih…. Kayaknya tu cuma lepas limiter plus setting, gak ada piggy back segala…. rpm 8000-9000an (standar 5500 udah mberebet katanya…)
@141. Bro Wyren
HD bisa disetting, karena pakai model ECU yang bisa dirubah tabel AFR, Pengapian, Buka Limiter, tapi ongkosnya bukan cuma jasa setting.
Ada software yang harus dibeli, ada labelnya RACE USE ONLY.
Betul kalau kondisi standar limiter sampai 5500 rpm, karena konstruksi mesin masih pakai push-rod mirip seperti HONDA tipe CG.
Salam,
bengkelsepedamotor
Ok, thx bro. Memang HD dalam waktu ke waktu cuma naikin cc tok…. Bahkan V-Rod (salah satu HD yang gw suka selain sportster 2008) itu dicibir sama “sana”…. Well, memang begitulah HD mania, big engine, lot of torque, hp?? well.. who cares??
@ 143. Bro Wyren
Sama-sama terimakasih juga Bro, Harley memang yang dicari klasiknya, bukan performa mesin.
Salam,
bengkelsepedamotor
Di antara yang posting di tema injeksi ini, mungkin banyak yang meragukan kemampuan orang negri sendiri mampu membuat ECU lokal. Di bwh ini saya lampirkan spek teknis dari CDI yang akan dilaunching bulan November ini. Bisa dibandingkan dengan CDI lokal maupun luar negri terutama Thailand yang katanya macan OTOMOTIF wilayah ASEAN. HET termahal CDI DC 350V Universal Programmable masih dibawah harga CDI 2band BRT yang tidak bisa diprogram.
Jadi bukan angan-angan hal yang sama juga berlaku untuk ECU lokal ( sudah pernah ditawarkan ke AHM, tapi ditolak ).
CDI DC 350V Universal Programmable
Features :
– Universal with every motorcycles.
– Programmable with KEYPAD.
– Programmable with KOMPUTER via RS232 / USB.
– Ignition Curve per 100 RPM from 1000-13500 RPM.
– Dual Ignition MAP.
– Adjustable Pick-Up Pulser Advancer.
– Selectable Pick-Up Pulser signal type.
– Extended Pick-Up Pulser Advancer.
– High and Stable Voltage 350 VDC over 40000RPM.
– Advanced Low Voltage Protection.
– Digital Tachometer Output.
– Low Power Consumption (50 mA at 1500 RPM, 1,5A at 50000 RPM).
– Built by SMPS technology used by heavy industries.
– Powered by NXP founded by Philips Semiconductor.
CDI DC 475V Universal Programmable
Features :
– Universal with every motorcycles.
– Programmable with KEYPAD.
– Programmable with KOMPUTER via RS232 / USB.
– Ignition Curve per 100 RPM from 1000-13500 RPM.
– Dual Ignition MAP.
– Adjustable Pick-Up Pulser Advancer.
– Selectable Pick-Up Pulser signal type.
– Extended Pick-Up Pulser Advancer.
– High and Stable Voltage 475 VDC over 35000RPM.
– High Energy System.
– Advanced Low Voltage Protection.
– Digital Tachometer Output.
– Built by SMPS technology used by heavy industries.
– Powered by NXP founded by Philips Semiconductor.
CDI DC 600V Universal Programmable
Features :
– Universal with every motorcycles.
– Programmable with KEYPAD.
– Programmable with KOMPUTER via RS232 / USB.
– Ignition Curve per 100 RPM from 1000-13500 RPM.
– 16 Ignition MAP.
– Adjustable Pick-Up Pulser Advancer.
– Selectable Pick-Up Pulser signal type.
– Extended Pick-Up Pulser Advancer.
– High and Stable Voltage 600 VDC over 30000 RPM.
– High Energy System and X2 mode supported.
– Advanced Low Voltage Protection.
– Digital Tachometer Output.
– Built by SMPS technology used by heavy industries.
– Powered by NXP founded by Philips Semiconductor.
@145 Bro Tekhot
Ada sample untuk coba ? nanti saya buat artikelnya.
Salam,
bengkelsepedamotor
@146 BOSS bengkelsepedamotor
Silakan japri ke email saya PIC, alamat serta no. tel yang bisa dihubungi.
@147 Bro Tekhot
Di komentar nomor 129 saya sudah minta e-mail anda, japrinya kemana ?
Kalau saya bisa dihubungi di e-mail bengkel.motor@yahoo.co.id
Asik bakalan ada ECU rakitan INDONESIA……
Salam,
bengkelsepedamotor
@all
jujur,gw kaget dulu pas ada CDI lokal.jangan2 CDI luar disablon merek sini kayak HP,elektronik.
ternyata emang dibikin disini..bangga dong.
CDI Vortex diluar negeri 10 juta disini dengan 1,5 juta sudah dapat programable.
ECU? moga bener deh bro…
maju terus produk Indonesia…
@145
Brto Tekhot..saya tunggu ECU made in Indonesianya…kl sdh berhasil let me know….BTW kl CDI-mah memang kita sudah jago karena itu yang diatur baru Ignition tok, plus…bikin CDI memang ga serumit bikin ECU stand alone…
@147 Bro Tekhot
Ditunggu kontaknya di bengkel.motor@yahoo.com
Kirim CDI Programable buat saya belajar (saya belum jago seperti yang di atas).
Kalau ECU saya sabar menunggu……sukses Bro…
Salam,
bengkelsepedamotor
eh bengkel.motor@yahoo.co.id
@149
CDI Universal Programable harganya ga sampe 7 digit. Kalo mau, silakan tes CDI yang saya posting di atas. Dengan output 350 VDC, harganya ga lebih dari 400ribu perak. Dijamin OK untuk semua motor termasuk Ninja yang ga pake pulser sekalipun cukup dengan 1 CDI.
@150
Bila menurut anda bikin CDI memang ga rumit, itu betul sekali. Dan Menurut saya, bikin ECU “hampir” segampang bikin CDI. Kalo tingkat kesulitan bikin CDI itu 6, tingkat kesulitan bikin ECU itu 8
.
@151
email saya = tekhot@yahoo.com
@153 Bro Tekhot
Terimakasih.
salam,
bengkelsepedamotor
@153 Bro Tekhot
Menurut saya tiy tingkat kesulitan bikin ECU (aftermarket) sudah bukan 8 lagi tapi sdh 10 (kesulitan terbesar pada pembuatan mapping/ grafik). Untuk lokal setahu saya (cmiiw) baru REXTOR yg mencoba membuat…Anda dr REXTOR?? Kl iya sy menunggu uji cb ECU yang REXTOR sedang Riset
@ 151 Bro Bengkel
Seperti sy bilang…saya bukan dr berlatar blkg mesin..anda mungkin masih lebih hebatMdr sy krn sudah mengaplikasi ECU aftermarket pada motor Harley Davidson (saya mah boro2x)…apalagi anda bilang anda bisa dan dapat mengaplikasi Injeksi di motor karbu, 2 tak lagi…wah saya salut sekali!!!! Saya jelas tidak mampu…untuk lulusan SMA seperti anda, anda patut di contoh dan ditiru. Melihat posting anda comtohnya @ 121&122 dgn informasi lengkap….saya terkesima…sy mau belajar (lagi) dr anda….
Sy bilang gampang bukan berarti sy bisa bikin, tapi anda bisa liat ada banyak merek CDI aftermarket saat ini dipasaran mau yang biasa sampe skr bisa di programmable dan high energy,, membuktikan harus CDI lebih mudah dibuat dan lebih mudah di dapat. Thanks kpd tehnologi yg mulai di pahami banyak orang (Bro tekhot saja sudah sangat paham melihat postingannya @ 145…tiga atau lima tahun lalu belum banyak org kaya beliau…
Serius, sy pasti mau menggunakan kl memang ada dan sdh diujicoba serta dipatenkan ECU yang asli made in Indonesia (tentu bisa disesuaikan dgn merek motor), apalagi yang mappingnya bisa di readjust krn pk produk luar, selain mahal, belum tentu cocok..sekali lagi saya tunggu…
@ All
Mari bersatu, bekerjasama, belajar bersama untuk dunia sepedamotor Indonesia yang lebih baik…..
salam,
bengkelsepedamotor
@156 Bro Anto
Kebetulan saya ada pelanggan yang punya sepedamotor tersebut, dan juga tempat bekerja saya mau mengajarkan teknik sepedamotor kepada saya.
Bro Anto bengkelnya dimana ?
Mudah-mudahan Desember saya boleh mampir ke tempat anda.
salam,
bengkelsepedamotor
@157
kalo 2 tak pernah megang gak bro?seumpama konversi karbu jadi injeksi,apa aja yang dibutuhkan?terus habis berapa?
@159 Bro Girifumi
Mesin 2 langkah pernah.
Untuk rubah karburator jadi Injeksi:
– ECU
– Throttle Body
– Injector
– Sensor-sensor
Harga relatif tergantung parts yang digunakan.
salam,
bengkelsepedamotor
@155
Sorry sekali, pak. Saya bukan dari Rextor dan Rextor ga ada produk CDI seperti yang saya sebut dengan harga di bawah BRT. Dari segi peralatan kita lengkap sekali. Pabrik komponen siap mensupport gratis komponen maupun peralatan yang belum kita punya.
@161 Bro Tekhot
CDI yang buatan Bro Tekhot, masih bisa ditambah (sudah ada) output untuk servo motor ?
Buat mesin 2 langkah yang menggunakan variable exhaust port (YPVS,RC-Valve, CTS Valve seperti MITO)
Salam,
bengkelsepedamotor
terimakasih utk semuanya kerna gw dpt ilmu EFI dari ahli2nye, gw terpaksa jual FU 150, pingin mtr yang injeksi gitu loh
@163. Bro Night-rider
EFI memang lebih canggih, tapi kalau sama-sama kondisi standar keluaran ATPM kemampuan EFI tidak jauh beda dengan Karburator hanya lebih efisien sedikit.
Kalau modifikasi baru beda jauh….
salam
bengkelsepedamotor
wah wah… ini sesepuh elektronik pada nongkrong disini semua, bro anto, mas bengkel, oom tekhot, hayolahh cepetan dites dan dipatenkan itu barangnya. jangan sampai nanti keburu ketahuan sama orang malingsia trus diaku-aku dan dipatenkan.
@165. Bro Glbabi
Kalau sudah urusan paten bakal ketinggalan karena di Indonesia mejanya banyak, kalau mejanya sedikit apalagi nggak ada kolongnya pasti Indonesia paling maju di Asia Tenggara.
salam,
bengkelsepedamotor
@ All
Uhm, anu, nyempil dikit, kalo baca semua posting diatas, dalam keadaan standar, lebih homogen mana campuran bb dan udara antara injeksi elektronik dengan karbu konvensional? mengingat nozzle injektor elektronik cuma menyemprotkan bb saja…
thx, cmiiw…
@162
Bisa saja pak. CDI kita ini kan ada output digital tachometer. Bisa saja dialih-fungsikan ke fungsi seperti yang disebut di atas.
@165
Yang berminat tes, silakan saja diemail alamatnya. Sampai saat ini belum ada yang email alamatnya ke saya tuh. Akan disediakan 3 tipe CDI seperti yang diposting di atas. Kalo yang 350V belum puas, akan dipasang yang 475V. kalo belum lagi, dipasang yang 600V.
@167
Lebih homogen injeksi elektronik pak. Hasil semprotan nozzle injektor itu dah halus sekali. AFRnya stabil dari RPM bawah s/d top, terutama untuk yang closed loop.
^ itu buat berapa silinder mas tekhot?
@168 Bro Tekhot
Saya sudah kirim e-mail, kenalan dulu nanti Desember saya kabari lagi kalau sudah di Indonesia.
Maksudnya bukan ambil dari output digital (masih harus tambah modul kontrol lagi),
tapi langsung dari CDI ada empat kabel langsung untuk servo motor, kurva bukanya juga diatur dari CDI.
Jadi 2 in 1 CDI plus Modul servo motor plus nanti bisa untuk Fuel Injection.
Seperti ECU yang bisa kontrol BBM, Pengapian, Servo Knalpot, Cruise Control dalam satu modul saja.
Terimakasih,
salam,
bengkelsepedamotor
@167. Bro H3ndr1kk
Lebih homogen EFI, selain semprotannya halus seperti dikatakan Bro Tekhot, juga karena tekanannya tinggi.
salam,
bengkelsepedamotor
@ 165
Iya kita memang jangan sperti malingsia…
@ bengkelsepedamotor
1. kawan saya pake Honda Supra X PGMFi edisi pertama katanya seh
selama 2 taon free maintenance tapi pernah ada masalah gas jadi
tinggi habis dicuci motornya,akhirnya dibawa ke AHASS baru beres
2.apa betul kalo tes busi dgn motor injeksi bisa meledak
tolong bro bisa jelasin kagak penyebabnya apa?
trimakasih banyak soalnya gw naksir juga ama bebek yang ini
@173. Bro Night-rider (ojek malam)
1. Bisa lebih dari satu penyebabnya, salah satunya kalau ada kebocoran udara setelah skep juga bisa.
2. BETUL, bisa meleduk
penyebabnya lubang busi dibuka,
kalau karburator vakum mesin jadi hilang, bensin nggak bisa dihisap masuk ke ruang bakar.
Injeksi walaupun tidak ada vakum BBM tetap disemprot, nah BBM yang sudah homogen ini keluar dari lubang busi, di deketnya ada busi yang lagi dites, kalau businya bagus (nyala) ya meleduk deh.
Jadi kalau mau tes busi (lihat apinya) motor EFI lubang businya ditutup pakai busi yang lain.
Atau lebih baik langsung ganti dengan busi yang baru, nggak usah dilihat apinya segala.
Kalau naksir dan jatuh hati, saya cuma kasih restu, kalau dilarang entar malah kawin lari.
salam,
bengkelsepedamotor
@bengkelsepedamotor
mas,bisa kirimkan saya artikel plus gambarnya?
pernah riset motor 2 tak injeksi gak?
@175 Bro Girifumi
Gambar apa ?
Mesin 2 langkah injeksi belum pernah pegang, tapi kalau mau buat yakin pasti bisa.
salam,
bengkelsepedamotor
@170
Perincian spek teknisnya diemail saja. Kalo dari output digital kurang, bisa saja dari “com-port”.
EFI motur gua jg udah pke injection, jadi GUAAAAAAAAA dukung pemakaian teknologi itu untuk motor2 yg akan di produksi, selain irit BBm n jg mdh prwtnnya>>>>
Sahabat semua, ada yang bisa kasih info dapatin e-book mengenai otomotif gak??khususnya otomotif yang udah pake sistem injeksi. sekarang sistem injeksi-kan udah dipake di sepeda motor spt pd supra x 125 pgm-fi dan vixion. tahun depan suzuki bakal pake injeksi juga. vario-nya honda juga bakal diinjeksi. kasih info saya kalo ada saudara yang tahu. maturnuwun
arie n
@179 Bro Arie
Coba cari di pdftown.com sepedamotor, mobil dll dalam bentuk file pdf tersedia.
Downloadnya lewat rapidshare.
Salam,
bengkelsepedamotor
waw bener2 keuren nie postingan…
gw salut bgt ternyata masih banyak org2 yg bnr2 ahli d negri tercinta ini
hidup indonesia 🙂
@145 bro tekhot
klo buat pulsar 180 kira2 CDInya pilih yang mana ya? truz apa tinggal pasang plek gitu aja atau ada yg harus d rubah?
oh ia sekalian harganya berapa( maklum masih mahasiswa jadi dompetnya masih bolong2 :-)). tank’s bro
wah…
leh nimbrung?
baru tau sih ada blog ini..(maklum baru punya motor)
keren banget…jadi ngerti mesin nih…
yg laen juga ahli2..
by the way, anyway, bus way..
ada yg belum dibahas nih..(apa belum kebaca semua ya????)
pantangan2 apa aja sih dengan mesin injeksi ni…
terlebih lagi dengan penggunaannya di sepeda motor…
soale..Insya Allah motor aye injeksi…cuman ga mau asal make..tar salah..ujug2 malah brondol
tuk bro bengkelsepedamotor..
tambahi lagi dunk ilmunya…
kalo bisa ..praktek dah
@183
yang jelas, bensin gak bole abis ( 🙂 alah, ini mah motor karbu jg sama)
sorry bcnda…pastinya sih gak bole kehabisan setrum aki, coz sensornya kan bekerja pake aki. tapi lainnye blon tau.
ada yang tau lainnya gak?
mang klo dah gitu udah ikutmengantisipai global warming you
aku dr smk
@181 Bro lodonq
Terimakasih, memang harus bangga jadi orang Indonesia (walaupun sekarang tidak tinggal di Indonesia tapi paspor masih gambar GARUDA).
salam,
bengkelsepedamotor
@183 Bro Onizuka
Di kafemotor.org ada tulisan yg lain berkaitan dengan sistim Injeksi, dari yg tambah piggyback, ganti ECU atau EFI jangan sampai mati Aki.
salam,
bengkelsepedamotor
@184 Bro Swastika
Tul memang nggak boleh habis bensin minimal 1/4 tangki seperti diesel, ntar pompa bensinnya masuk angin, dan fungsi bensin juga untuk mendinginkan pompa bensinnya.
salam,
bengkelsepedamotor
@All,
Tambahan yg mau baca workshop manual bisa download di http://pdftown.com
Bisa buat referensi dan belajar, paling penting lagi GRATIS…….(modal koneksi Internet aja).
salam,
bengkelsepedamotor
Tolong dong semuanya. Tadi siang saya ganti oli untuk yang pertama kalinya. Motor saya Honda Supra Fit 2005 dengan oli Mesran Pertamina. Mungkin karena tidak berpengalaman saya agak terburu-buru. Ketika membuka tutup oli dan membuka segel, saya kurang rapi sehingga ketika menuangkan oli sobekan alumunium yang menutup oli masuk ke dalam mesin, karena khawatir merusak mesin maka oli kembali lagi saya buka dengan harapan sobekan alumunium itu keluar, tetapi tidak berhasil, sehingga saya khawatir akan merusak mesin. Karena penasaran saya coba hidupkan mesin dan ternyata bisa jalan motor saya, saya coba bawa jalan sejauh 2 Km. Namun, sekarang saya masih khawatir dan cemas dalam jangka panjang motor saya akan rusak. Bagaimana cara mengatasi masalah ini, apakah dibiarkan sehingga lama-lama sobekan segel alumunium itu akan hancur sendiri atau diambil dengan cara membuka mesin? bagi teman-teman yang pernah mengalami masalah ini mohon bagi pengalaman dan silahkan kirim email ke : sejarahsma15jakut@yahoo.co.id Atas Jawaban Kami Ucapkan Banyak Terimakasih, Semoga Tuhan Membalasnya dengan Kebaikan.
Saya sih belum pernah mengalami, tapi menurut saya tidak masalah (masih dalam batas toleransi, dan materialnya lunak) kemungkinan sudah hancur tergerus oleh gigi-gigi transmisi.
Jikalaupun sampai mendekati pompa oli, sebelum pompa oli ada saringan yg akan menahannya.
Kalau masih penasaran ya dibuka biar hati lega, tapi tidak efisien…
salam,
bengkelsepedamotor
kalo perbandingan gear depan buwat honda karisma trek 201
@193 Hendri
Sekarang pakai perbandingan berapa ? Gir depan / gir belakang, mestinya saat posisi 150 meter (3/4 track) sudah masuk posisi gigi paling tinggi, kalau belum berarti perbandingan gigi terlalu berat.
salam,
bengkelsepedamotor
bagaimana cara sistem pengapian motor elektrik coz saya sedang melakukan penelitian yang membutuhkan pemantik api.
saya memakai trafo 3 A,12 volt sebagai masukan elektrik yg akan menghasilkan keluaran percikan api. saya sudah mencoba memakai trafo(output 12 V) masuk ke koil lalu ke busi, tapi tetap gagal.bagaimanakah cara yg benar agar keluar percikan api? tegangan dari trafo harus dc/ac? apakah cara kerjanya sama dengan pemantik api elektrik rokok(zippo)
mohon bantuannya secepatnya, saya sangta membutuhkan jawabannya?
@ Rocky
Coba kirimkan saya diagram yg sudah anda buat ke bengkelsepedamotor@yahoo.com
Untuk timbul percikan api harus ada induksi listrik antara gulungan primer & sekunder pada koil.
salam,
bengkelsepedamotor
klau bisa membahas tentang sistem yang lain yang terdapat di dalm mobil yang sekarang ,yang kebayakan mobil sekarang sudah memakai sistem automatis ..
mohon kalau cara kerja EFI ini bisa didown load ke alamat E-mail aku dong ! soalnya aku hobi banget dengan inovasi teknologi engine yang mutahir.ok
^ Bro Yulianto
Tidak usah didownload lihat saja di http://www.bengkelsepedamotor.wordpress.com
Salam,
bengkelsepedamotor
pantesan vixion bisa make premium.
tak download lho matur TQ
sy punya motor honda EFI beli bulan Maret 2008, sy coba lari 100 km/jam tp sepertinya mesin kayak berat dan kepaksa dan di service di bengkel AHASS cek rpmnya angkanya 640 normalkah?
gima cara mendapatkan mesin batangan(mesinnya aja),karna aq terinpirasi ingin memebuat sepeda ada mesinnya!!!
suwun bozzz tak download yaaaaaaaa..tetep smngat..tanks all
bro…klo tentang vixion gmn??
gw pnya vixion,,tp jujur gw awam banget ma masalah mesinnya…
tolong dong bro2…
jelasin tentang kelebihan & kekurangan motor gw..
trimz ya wat yg kasih solusi…
Mau nanya..
kenapa Terkadang suara mesin motor injection itu lembab atau gak padat ketika barumau dipanaskan, atau dinyalakan kembali setelah beberapa jam?
Siapa saja boleh menjawab dengan argumen yang ilmiah.
terimakasih
mau nanya nih mas..
knapa ya.. slinder heat pada kawasaki ninja 150
coakannya kedalam
bkin mtor saya jadi koenceng
tanyo ciek da..
bisa ndak motor yang baoan nyo karburator
di jadian ka injeksion
tolong di tarangan da..
mokasih banyak
sumardi
lha teru bagaimana caranya mengaplikasi motor jika di pakai untuk balapan atau Road Race, gak sulitkah memodifikasi Motor kayak itu…?
jika ada masalah pada motor injt. tidak bisa menyala/hidup. bagaimana cara alternatifnya selain menghapus isi memori jika pada keadaan tak ada alatnya?
jawplah pertanyaan saya
Bro Coki,
Motornya apa?, beberapa yg saya pernah pegang tanpa alat scan terpisah dapat dibaca/dihapus error history, kalau sudah menerapkan “on board diagnostic” kode error muncul di odometer atau dibaca dari kedipan lampu MIL.
Maaf, agak lama jawabnya, kalau masih kurang jelas bisa tanya di bengkelsepedamotor.wordpress.com
Salam,
bengkelsepedamotor
pak nap mbil to bisa jlan…………………………………….ya aneh………………..?????????????????????????????????????????
jelaskan apa kepanjangan dari istilah mesin zaman sekarang
kepanjangan istilah mesin contoh vvt-i,cdi,pokonya banyak lah jawab yua!
kesimpulan dari sistem injection ini apa tolong jelaskan KESIMPULANNYA!!!!!!!!!!!OK
kesimpulan dari sistem injection ini apa tolong jelaskan KESIMPULANNYA!!!!!!!!!!!OK balas nya ke email saya aja rizalabdurohim@gmail.com
wah kebanyakan sensorpun paling juga “lolos sensor” bukan “lulus sensor”.
ha…..
I have searched about the word “stepper motor” and you blog appeared to me.
where can I read about stepper motor in details in your blog?!
@bengkelsepedamotor
Saya pengen pasang supercharger di yamaha v-ixion, tp bingung gimana musti nambahin pasokan bensin.
Masalahnya :
1.piggyback buat v-ixion / harga terjangkau blom ada.
2.alat bwat setting ecu (punya dealer resmi) kemungkinan cuma busa nambahin suplay dikit doang.
Ada solusi ga?
Klo mo nambah nozzle injector 1 lagi trus diatur pake microcontroller (ngambil contekan dari voltase injector utama) dimungkinkan ga? Klo harga injector cc kecil (kya punya honda supra) berapaan ya?
Thx.
jika salah satu alat sensor ada yang bermasalah pada saat berkendara apa mesin masih bisa tetap hidup normal ….????jika ada bagaimana solusinya …???
eh coy, bisa ‘ga smash thn ’04 diganti karbunya jadi make sistem injeksi?
Bos, ada gak referensi untuk injeksi 2 Tak,,trus kalo bisa usahaain komponen2nya skalian. Ntar kt barter,,, Q mo nerapin di yamaha F1Z-R. Tolong y bos? Buat penelitian? Trima kasih untu jawabannya
Bos, ada gak referensi untuk mesin injeksi 2 Tak,,trus kalo bisa usahaain komponen2nya skalian. He…3x. Ntar kt barter,,, Q mo nerapin di yamaha F1Z-R. Tolong y bos? Buat penelitian? Trima kasih untuk jawabannya
klo software hanya untuk ngecek saja apakah hanya dimiliki dr dealer?
seumpama knalpotnya d ganti dengan knalpot bwat racing itu gmna…apa jga ber pengaruh ama mesin….
artikelnya bgus,kmaren aq juga lgi mbahas msalah ni ma tmen-tmen….
mega pro saya ga ada pengapianya… accu baru beli seminggu, spull ada apinya…koil,kipro,cdi dah ditukar/dipinjam pake motor mega pro abang juga ga ada apinya … apa ya… masalahnya..
teknologi kdepan memang harus semakin canggih sesuai dengan tuntutan zaman……..thanks ilmunya
Intinya… Perwatan PgmFI susah ga???
Mahal mana ama yg karburator????
Trus, resiko rawan rusak yg mana??
Oya., mahal yg dimaksud itu adalah biaya perawatannya..hehehe
Dan biasanya kan yg berhubungan ama electronic (EFI) kan rawan rusak).. apa EFI rawan rusak??
efi jelek sekali ada yang lebih bagus nga”
[…] EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor […]
open mind, coba barang baru tidak ada yang salah.
klo jelek knapa pabrikan mobil n motor berlomba lomba buat motor injeksi?
dan juga pabrikan mobil,….sekarang udah hampir semua membuat mobil injeksi.
jgn ketinggalan jaman bung
qu tw tntang msepeda motor klw ggk slah motor bnyak sekali di indonesia karena motor alat transportasi yg paling mudah dan hemat
pa ci keungulan efi tu…..?
[…] EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor By zaidyappika EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor […]
[…] By febrianagung EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, […]
[…] By ruslisteel EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor […]
[…] system efi… By darmawansetyabudy EFI – Electronic Fuel Injection pada motor.. […]
[…] By ahmadsulamansyah EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor […]
[…] By tomi nugroho EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, […]
[…] Sistem Kerja EFI… By ramdhanie EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor […]
[…] EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor By rikisoksedep EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor […]
[…] EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, […]
[…] By ajiharyadi EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, […]
[…] EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, […]
gmna cara ganti motor kaburator ke PGM? kra2 bsa gak? mhon Tipsnya…
[…] EFI By mastermarkus EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor […]
[…] By ramdhanie EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, […]
[…] By oktapianhegar EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, […]
jadi teknologi mesin EFI bekerja berdasarkan sensor yg diterima dan yang memjalankan semua perintahnya adalah ECU
[…] EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Posted by ilham in Otomotif, Referensi, Sharing, Tuning. trackback […]
Mank mw nanya dong..
KAlau honda supra 125 fi itu pas kondisi dingin ga bisa di start pke starter tangan gmn??
ada ga tempat service ECU klo ada kirimin pesan ya ke alamat email ini
blackboard.class@yahoo.com
Untuk nozle peugeot cara membersihkan nya bagaimana , dan apa pengaruhnya terhadap mesin (pembakaran). bagaimana penyerderhanaan proses nya.
mending pake sepeda lebih ramahhhhhhh lingkungan
bagaimana ya prinsip kerja sensor jarak tempuh pada honda SupraX 125 ?
sensor mendeteksi bagian apa pada gear ?
sistem magnetic sensor.
mhn krim ke mail : supernova_3sty@yahoo.com
Trimakasih .
1.yang saya tau cara kerja sensor jarak tempuh pada supra x125 tu pada saat mesin sudah jalan (on) maka sistem sensor (efi)akan bekerja dalam mensuplay bahan bakar,pengapian,kelistrikan,maupun pada komponen mesin dan efi biasannya dalam mensuplay kebuthan mesin sangatlah tepat maka walau mesin efi untuk jalan jauh bisa di katakan tangguh 2.sensor efi pada gear biasannya mendeteksi gesekkan gear1 dengan gear lainnya di samping itu juga bisa mendeteksi kerusakan pada saat mesin akan di perbaiki
mesin efi txu banyak yang bilang mesin sempurna karana kerja semua komponen sangatlah sempurna di bandingkan dengan mesin biasa(manual) prtanyaannya:sekarang kan jamannya motor balap apa bisa mesin efi di setel balap?mkasih…..
terimakasi infonya..
langsung k TKP
kunjungan malam ini
terus semangadh gan…
aku suka..
nitip link yah..hehe
semoga bermanfaat….
sawah ladangku disini
berbagi foto artis
baru belajar gan…
modifikasi scooter matic
berbagi info
bagaimana merawat motor anda
hindari maling motor sekarang juga
kakak
kog cuman nm komponen nya jha
kakak tolong tampil khan gambarnya donk
plis
🙂
alna tugas dari guru
🙂
tapi knapa sistem efi kq ql rusak maka harus d gnti,.,.,.,.,.,.,
apa indonesia tidak bsa memperbaiki,.,.,.,.,.,.
N knapa ql g bsa kq memunculkan lage produk ini,.,,.,.,.,.,
saya pingin ganti injektion pada motor tua saya honda c70zz tahun 1979, sekarang seker sudah diganti grand, saya dpt injeksi lengkap punya v-xion, kata teman saya temanya sudah pasang dg ukuran bensin 1 liter untuk 100km, apa benar ?
Apa tanda2 salah satu sensor pada EFI rusak? 🙂 makasih…
eta th jeng satu liter bensin na cuy
trimakasih ats informasinya, sya ank stm negri tulungagung mas…… jd ngrti dr yg sdh sya ngrtiin.
[…] EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, 2007 […]
apakahh smua motor honda akan menggunakan sistem EFI (electronic fuel injection) trus apakah gak rumit pemeliharaan nya,,????
mana macam-macam media output’y mzza gk adha sich
wahhhhhhhhhhh rame yaaaa,,,ikut nimbrung dung…..
thanks banget udah bagi ilmu…
orang yang pelit ilmu, pelit juga kehidupannya.
makacih informasina…
Sistem EFI awalnya ditemukan oleh ciapa…? Dan pembakarannya di lakukan ama berapa putaran…?
1 putaran penuh bisa menghasilkan berapa sistem krja..?
mas brow minta solusi,kenapa motor q vixion slalu brebet kadang normal kadang enggk.gmana tu cara mengatasiya..bingung ma cara kerja mtor injeksi.
cara kerja fuel injection tu gmana bos???
@arif_serviske donk …
lebih akurat cara servisnya bro…?
bakal pada tutup nanti bengkel bengkel kecil yang gak bisa ikuti perkembangan otomotif ,bayangin aja pengapian CDI aja belum kita kuasai sudah di pusingkan kan lagi kepala dengan sistim bahan bakar EFI yang semuanya ini serba Electronic
kemajuan jaman semakin bikin hidup lbh praktis……..
by:skansat x tkr 1
Slmt malam bang..
Q mw tnya apakah new jupiter mx da injection Pa blum..
Thank’s
jaman ini jaman yg serba simpel
kalau sistem EFI, menggunakan AKI kering , trus aki mati mendadak apa mesin masih bisa hidup ?
mantap bang, bang boleh konsultasi detai tentang EFI ? Makasih!
Makasih info sederhananya @Bengkelsepedamotor tentang EFI. Pemahaman yang saya dapatkan saya tulis di blog saya….
Bagi kalian yang mau mengikuti lombag ngeblog tentang EFI Yamaha, sila ikut di sini
http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2012/01/19/ymjet-fi-kala-teknologi-motogp-diperkenal/
Terima kasih atas infonya benar2 membantu saya dalam memahami teknologi fuel Injection,,,
sepertinya tahun ini memang banyak perusahaan motor di indo yang menggunakan teknologi fuel injection seperti yamaha dengan Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) dan honda dengan PGM-FI (Programed Fuel Injection)
DTC :DIAGNOSIS TROBEL CADE
YAITU SISTEM YG BERUBUNGAN DGN SISTEM EFI
YG BERUBUNGAN DGN SENSOR ………………………………
saya mau tanya donk…
cara pengecekan sensor jika terjadi kerusakan gmn ya??
trus nm alat yang d’gunakan untuk mengecek sensor apa ya??
terima kasih
gmn cranya nambah speed
mtor apa jd bros klu speednya dtambh
Bos Bengkel nya nich dimana ya..?? kalo mau ngerubah Karburator jadi EFI berapa biaya nya…?? alamat email nya bengkelsepedamotor ini ga bisa di kirim email….
mas bagaimana perbaikan sistem elektronika fuel injeksi,dari sensor yang terdapat pada sistem bahan bakar (EFI) serta bagian-2/komponen-2 dari EFI
saya baru pake motor EFI nih Mas .. Motor Matic .. tiap habis maju gas di lepas knapa mesin suka mati ya?
wahh gawat klo smua motor pkek EFI
lau smua mtor pke EFI indonesia bkal maju gc bklan ktinggalan sma negara lain
maju truzz indonesia
[…] kafemotor.wordpress.com […]
Numpang tanya nih bos , motor yamaha mio j bisa di naikin cc nya lagi gak yah ? Buat balap , thanks
mau tanya gan,lw rata rata output listrik maximal dari mesin 2tax berapa volt??
lebih tahan lama dan mudah panas gak di banding pake karburator?
[…] kafemotor.wordpress.com […]
palliest palliums palmated palmette palmetto palmfuls palmiest palmists.
These trees are similar in planting to Autum Flame
and October Glory maple. wrack wrang wraps wrapt wrath
wreak wreck wrens.
Hello to all, the contents present at this web site are genuinely remarkable for people experience, well, keep up the good work fellows.
Look At This
EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor | KafeMotor
It is truly a great and useful piece of info.
I’m happy that you just shared this useful information with us.
Please keep us informed like this. Thank you for sharing.
It’s a shame you don’t have a donate button! I’d definitely donate to this excellent blog!
I guess for now i’ll settle for bookmarking and adding your
RSS feed to my Google account. I look forward to fresh updates
and will share this website with my Facebook group. Talk soon!
Przystaję w 100% z tym artykułem
Link exchange is nothing else but it is only placing the other person’s
blog link on your page at suitable place and other person will also do same in favor of you.
x art accounts
EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor | KafeMotor
xem xe audi a7
EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor | KafeMotor
You know it isn’t true, yesterday you said the
same thing. The Amazon smartphone is expected to have multiple camera
options. Both HDMI and e – SATA ports are present with an SD card slot.
You know it isn’t true, yesterday you said the same thing.
But comparing to Maximum Draw Down, it is the largest losses the account made include realized profit (loss) and unrealized profit (loss).
Both HDMI and e – SATA ports are present with an SD card slot.
And it also support A-GPS for Google Maps, which is helpful to guide direction if you are lost in a
strange city. You need to bring innovation and uniqueness to
the table and that’s what a gamers phone could do. We are talking
you guys and gals who are doing 3-D work, high-end video editors and don’ forget the serious gamers.
Superb, what a web site it is! This web site presents valuable data
to us, keep it up.
xe toyota harrier
EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor | KafeMotor
Hello There. I discovered your weblog using msn. That is
a very well written article. I’ll make sure to bookmark it and come back to learn extra of your
helpful info. Thank you for the post. I will definitely
comeback.
Magnificent web site. Plenty of usefl information here.
I’m sending itt to some friends ans additionally sharing in delicious.
And naturally, thank yoou for your effort!
[…] EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor | KafeMotor – EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, 2007 Posted by ilham in Otomotif, Referensi, Sharing, Tuning. trackback By Bengkelsepedamotor Berbagai macam cara …… […]
[…] EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor | KafeMotor – EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, 2007 Posted by ilham in Otomotif, Referensi, Sharing, Tuning. trackback. By Bengkelsepedamotor… […]
[…] EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor | KafeMotor – EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor Oktober 24, 2007 Posted by ilham in Otomotif, Referensi, Sharing, Tuning. trackback. By Bengkelsepedamotor… […]
Good site you have here.. It’s difficult to find excellent writing like yours these days.
I truly appreciate individuals like you! Take care!!
I got this site from my buddy who informed me on the topic of this website and
now this time I am visiting this web page and reading very informative articles at this place.
macam mobil peugeot
EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor | KafeMotor
Definitely consider that that you stated. Your favorite
reason seemed to be at the web the simplest factor
to remember of. I say to you, I definitely get irked at the same time as folks consider
worries thatt they just don’t recognize about. You controlled
to hit the nail upon the top as smartly as defined out the whole thing without
having side effect , folks could take a signal.
Will probably be back to get more. Thank you
Yes! Finally something about Allat Allat Bengkel.
Do you have any video of that? I’d care to fibd out
moee details.
Yes! Finally something about business.
Oh my goodness! Impressive article dude! Thank you, However I am experiencing problems with your RSS.
I don’t know why I can’t join it. Is there anyone else having identical
RSS issues? Anyone that knows the solution can
you kindly respond? Thanx!!
I see you don’t monetize your page, don’t waste your traffic, you
can earn additional cash every month because you’ve got hi quality content.
If you want to know how to make extra money, search
for: Boorfe’s tips best adsense alternative
Hello colleagues, nice post and nice urging
commented at this place, I am really enjoying by
these.