jump to navigation

Inreyen Motor Baru, Geber Aja Lagi!!! Agustus 4, 2007

Posted by ilham in Motor Baru, Sharing, Tuning.
trackback

Inreyen atau break-in motor baru saat ini masih saja menjadi isu penting. Wajar saja sebab terkait dengan masa depan mesin, baik kecepatan maupun kekuatannya. Lantas bagaimana mestinya proses ini dilakukan?

Kebanyakan orang berasumsi bahwa perlakuan terhadap motor baru harus ekstra hati-hati. Terutama agar mesin baru yang dipakai nantinya akan benar-benar berperforma optimal dan berdaya tahan lama. Tidak heran jika mereka berusaha membawa motor secara pelan-pelan.

Pandangan demikian tidak sepenuhnya salah. Namun juga tidak bisa dibenarkan begitu saja. Untuk motor yang baru saja oversize atau bore up, memang dianjurkan cara demikian. Maklum saja proses yang dilakukan bengkel belum sepresisi buatan pabrik sehingga belum tentu “bersih” betul. Nah bagaimana dengan motor baru?

Motor baru saat ini tidak lagi seperti motor pada zaman dahulu. Teknologi yang dikembangkan dalam divisi produksi dan yang dirakit di jalur asembli membuat mesin kini jauh lebih presisi dibanding pada motor era sebelumnya. Teknologi pembuatan silinder sudah demikian bagusnya. Dari sisi metalurgi pun kini lebih bagus. Apalagi untuk mesin-mesin berperforma tinggi. Penggunaan silinder DiAsil atau lapisan penguat lainnya sudah menjamin kualitas bahkan sebelum motor keluar dari pabrik.

Di samping itu pengujian sebelum barang dilempar ke pasar sudah lebih lama. Mulai dari dyno test hingga test ride di trek pengujian pabrik. Singkatnya, sudah ada perbaikan pada prosedur teknis produksi sebelum sampai ke tangan konsumen. Hampir-hampir konsumen terima beres saja. Tinggal bayar cash, lalu tancap gas!!!

Perubahan ini menuntut pula perubahan prilaku dalam mem-break-in sebuah motor. Pada masa-masa inreyen ini, motor baru memang tetap saja tidak boleh diberi beban berat. Misalkan saja, anda tidak boleh berboncengan dulu. Jangan pula bawa barang berat apalagi jika memang tidak perlu. Tapi urusan bawa motor, silahkan geber. Rem lalu geber lagi. Akselerasi-deselerasi-akselerasi. Demikian seterusnya.

Kebiasaan lama untuk mempertahankan motor pada kecepatan konstan sekian lama tidak diperlukan lagi. Tidak perlu memainkan gigi satu di putaran 20-30 km per jam, gigi 2 di 30-40, lalu gigi 3 di 40-50. Tidak perlu pula step-step dan jaga kecepatan semacam itu. Malah membahayakan kesehatan mesin karena bisa memicu over heating dan merontokkan mesin. Para tuner masa kini malah menyarankan langsung geber. Gunakan kecepatan untuk memaksimalkan proses pembersihan mesin dari serbuk metal sebelumnya. Lagi pula jangan khawatir, kali ini serbuknya jauh lebih halus.

Di samping itu jangan ragu untuk menggunakan engine brake. Engine brake adalah proses di mana pengendara menutup gas dengan cepat sehingga mesin ikut membantu deselerasi. Ini akan membantu proses “belah” duren alias melicinkan proses inreyen. Jadi bertentangan dengan sikap sejumlah biker yang menghindari engine brake karena takut mesin rusak, di sini malah dianjurkan.

Para tuner di mototuneusa.com memberi petunjuk teknis lebih jauh tentang break-in. Break-in bisa dilakukan bukan hanya di jalan. Bisa juga dilakukan di atas mesin dyno dengan teknik-tekniknya sendiri. Dengan kecepatan mesin tertentu dan permainan gas pada step-step tertentu. Begitu pula di sirkuit. Pembalap biasa menggeber, mengerem, dan meliuk lalu geber lagi. Tak ada masalah di sana dan sejauh ini motor-motor mereka jauh lebih handal…

Namun demikian, anda perlu dibekali sedikit catatan sebelum geber.

Pertama, hati-hati dan jangan asal geber. Siapkan diri anda untuk jalan di antara lalu lintas sekitar. Pilih saja jalan yang anda hafal dan lebih sepi. Jika anda baru saja mampu mengendarai motor, sebaiknya inreyen diserahkan ke kerabat yang lebih mahir. Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menabrak orang, terjatuh, atau motor rusak karena salah geber.

Kedua, setiap hendak melakukan break-in, jangan lupa memanaskan mesin secukupnya. Tanpa pemanasan yang cukup break-in tidak akan maksimal dan membahayakan mesin. Dengan melakukan break-in yang benar, kekurangan pada sisi manufacturing barang dan perakitan akan terungkap. Cacat produk tidak akan tersembunyi. Karena cacat produksi bagaikan kanker. Semakin disembunyikan semakin membahayakan. Anda tidak ingin memelihara penyakit bukan?

So, jangan ragu lagi. Cari model, sediakan uang, dan bersenang-senanglah!!!

Komentar»

1. Agung - Agustus 4, 2007

hore pertama!
iya gitu klo masa inraiyen boleh langsung di geber? okelah klo buat mesin motor yang baru dibuat terus langsung di kasih ke konsumennya. tapi klo barangnya itu disimpen dulu ama dealer gimana? ya ini siy menurut pemikiran saya sebagai orang awam ya. klo misalnya motor di simpen terus, emang olinya bisa nempel terus di piston motor? gak ada kemungkinan olinya itu bakal “ilang”? klo menurut saya siy, lebih baik klo bawanya pelan2 aja. biar nanti ada kesempatan olinya nempel lagi dan kemungkinan mesin kegores semakin sedikit. lagian klo mesin kegores dan serbuk2nya itu nempel dipiston takutnya bakalan jadi kaya amplas. ya gak tau juga sih bener ato gak. maap maap aja ya klo salah. peace.

cupcake - April 12, 2015

langung geber kan ga berarti menngabaikan yg namanya manasin mesin, warm up dulu lah.
warm up 1-2 menit dalam posisi netral jg uda cukup utk ngbuatoli nyebar IMHO yah

2. triple tri - Agustus 4, 2007

perasaan dibuku petunjuknya yamaha ada petunjuk agar putaran gas tidak lebih dari 1/2 putaran untuk usia 0-500km. mana yang bener ni

3. donal_bebek - Agustus 4, 2007

akhirnya….. nomor tiga 🙂

4. donal_bebek - Agustus 4, 2007

barusan gw balik dari bekasi ke *** lewat kalimalang, casablanca, mt haryono, pancoran, *** (kalo dilanjutin ketawan gw balik kemana, bahaya :))

di kalimalang gw jalan 52kph, santai pake tangan sebelah kanan aja sambil liatin pemandangan malam, eh ada dua motor thunder 125 dgn style stang tinggi geber2, tapi gw dieminaja…

udah itu dibelakangnya ada tiger item lewat dgn suara knalpot gede, gak geber2 tapi emang knalpotnya suaranya kenceng… gw diemin juga…

gak lama dibelakangnya ada mx lewat, pelan sih tapi karena gw udah gatel ya gw uber aja tu motor… alhasil…… semuanya putus… tapi kayaknya si tiger item gak terima, gw denger dibelakang gw ada suara menderu2 gitu, tapi tetep gak bisa ngejer The Red Wolf :)…

pas lampu merah jalanan penuh dan gw kealang mobil box sama supra fit… gw oper gigi tiga, dan begitu ada selah gw gas pol aja sambil narik bodi ke kanan utk ngambil selah… gw dapet jalan dan gw gas pol lagi. alhasil jarak The Red Wolf gw sama motor2 yg laen itu tambah jauh… hahaha puas gw ngasepin motor2 laen, dan gw pelanin The Red Wolf karena gw mo belok ke kanan. pas lagi pelan gitu tau2 tiger item tadi lewat.. bruuum 🙂

btw, pulsar itu emang katro di rpm rendah apalagi di gigi 1 dan 2, tapi kalo udah gigi 3 jangan ditanya deh, tarikannya kenceng abis, apalagi kalo udah gigi 5…. gw gak brani narik lebih dari 1/2 gas 😦

kayaknya bener tuh, kalo udah nyala busi ke 2 nya, pulsar bener2 hebat torsinya, berasa banget, apalagi handlingnya yg mantep, gak kebayang dengan bobot dan ukuran yg gede kayak gitu diajak meliuk2 dengan narik bodi rasanya gampang dan terkendali banget

emang top si The Red Wolf…

tapi sekarang gw mikir tadi bahaya juga ya, biar kata udah gw set gw ngebut tapi nyari celah yg safety, tetep aja kalo ada kesalahan dikit bisa berabe

NGEBUT BOLEH TAPI MENDINGAN PELAN AJE, KEEP SAFETY RIDING BRO !!!!

5. glbabi - Agustus 4, 2007

@1. Agung: itu makanya didalem mesin motor ada yg namanya pompa oli boss. Mau disimpen lama juga itu motor selama pompa oli bekerja ya no problem, tapi kalo itu pompa rusak biar boss mau guyur oli dulu pistonnya ya sami mawon tetep aja ancur mesinnya.

@2. triple tri: di buku petunjuk rata2 emang begitu boss. konservatif.

Intinya kalo motor inreyen diperlakukan kaya bayi ya sampe tua juga kelakuannya kaya bayi. Kalo inreyennya sampeyan perlakukan kaya monster nantinya sampeyan bakal punya monster yang gak nolak juga kalo dibawa pelan.

6. iblis_tampan - Agustus 4, 2007

blogg bebeksableng udah di buka kembali! mas tok and bung ilham top deg thanks! buat temen2!! temen2, bapak2/ibu2 ada yg tau harga suzuki new shogun gelegar enga di posting ya! yg posting gua doakan cepet kaya dan selamat dunia dan akherat dan cepet2 naik haji.

7. wyren - Agustus 5, 2007

Wesss… Dulu Tiger gw malah inreyen dengan dibuat latihan (baca:dihancurkan…. karena masih pemula)… Wekekekeke… Sekarang..

Tetep gak manja or jadi loyo tuh… HANCURKAN… GEBER AMPE LIMIT… Motor anda dijamin bahagia.. Wekekekeke…

8. Namco - Agustus 5, 2007

wah betul banget tu artikel cbr gwa lgs pasang cdi unlimiter trus di geber mpe mentok, buktinya makin enak aja.. tapi susah cari jalan yang kosong sekitar 6-7 km buat geber sampe mentok..

9. wyren - Agustus 5, 2007

@Namco
Punya CBR150R ya?? Dateng ke

https://kafemotor.wordpress.com/2007/01/23/tiba-cbr-150-2007-versi-thailand/

Yaaaa….

Bagi2 pengalaman bro…

10. hd skcus - Agustus 5, 2007

engine brake? atau engine break?
yg satu ini berarti daya rem dari mesin, satunya lagi berarti mesin pecah

yg dipake yg mana yah?

The Naked Rider - Juni 4, 2014

maksudnya mengerem dengan menggunakan putaran mesin. Misalnya dalam kecepatan tinggi (persneling 5) kita memindahkan ke persneling 4 maka terjadi pengurangan kecepatan karena putaran mesin. Ini namanya engine brake.

11. adine - Agustus 5, 2007

@ masbro ilham

paragraf 8, line 1, engine break –> brake Bro…

dah setengah ngantuk geber aja nih nulisnya, demi pengunjung setia kafemotor, hehe… saluts..

12. foens - Agustus 5, 2007

Pengalamn saya dengan inreyen 2 merek motor berbeda, honda dan suzuki adalah sama aja !!
Dengan inreyen yg bener, maka dikala setelah service ke 2, motor saya lebih enak digeber drpd motor temen-temen ( yg sama-sama dari baru dan sama-sama inreyen ) ….. thats fact !!!
Bahkan mekanik dealer dr 2 merk tadi juga bilang nih motor lbh enak dr motor laen yg seumuran …..
mungkin tips yg ngga saya sadari adalah hanya bawa motor nggak lebih dari 5rb-6rb rpm dengan menempuh jarak yg jauh ( 150 km dr kantor ke rumah pp )

13. cecep2007 - Agustus 5, 2007

sebenarnya di pabrik udah diajar juga tuh motor2 baru ….sampe gak tega liatnya…..digeber2 mentok dalam keadaan diam (engga jalan…).trus perlakuan dealer juga gitu ….pas gw ke dealaernya suzuki…ada new shogun 125 diabisin gasnya sampe mentok…..ngeri sendiri denger mesinnya…..tapi….ga papa juga tuh motor jadi….bisa aja langsung geber…..

14. ilham - Agustus 5, 2007

@ 10. hd skcus – Agustus 5, 2007
@ 11. adine – Agustus 5, 2007
Kekekekeke, bener… tnq koreksinya. Yg membantu deselerasi ya ngerem itu :))… Emang gonta ganti hehehe dan yg bawah udah benar. Iya nih. Ngetiknya pas lwt tengah malem… Malu-malu P

15. kump45 - Agustus 5, 2007

tapi waktu saya lihat di buku panduan, di motor baru masih saja ada anjuran untuk masa inreyen sampai 1600 km… kalo menurut saya mgkn meskipun dari pabrik masih belum presisi bener jadi hanya untuk lebih mem-presisi-kan piston sama dinding silinder. tp meskipun geber aja gpp asal jangan sering memacu putaran mesin maksimum. Dan di sisi lain mungkin untuk menghindari para biker “baru” dalam masa naek motor di dalam lalu lintas… soalnya biasanya orang yg baru bisa naek motor, pasti nyetirnya ga bener… potong bebek angsa di kuali deh kalo di jalan… hehehe pisss… tp banyak jg biker yg sudah mahir mengendalikan motor… sipp.. merdeka… eh iya untuk para biker kalo berkendara hati2 ya di jalan keep safety ride.. soalnya gw liat di imel kiriman ada foto kecelakaan… 😯 wuihhh ngeriiii….

16. Super KIPS - Agustus 5, 2007

4. donal_bebek – Agustus 4, 2007
barusan gw balik dari bekasi ke *** lewat kalimalang, casablanca, mt haryono, pancoran, *** (kalo dilanjutin ketawan gw balik kemana, bahaya :))

di kalimalang gw jalan 52kph, santai pake tangan sebelah kanan aja sambil liatin pemandangan malam, eh ada dua motor thunder 125 dgn style stang tinggi geber2, tapi gw dieminaja…

udah itu dibelakangnya ada tiger item lewat dgn suara knalpot gede, gak geber2 tapi emang knalpotnya suaranya kenceng… gw diemin juga…

gak lama dibelakangnya ada mx lewat, pelan sih tapi karena gw udah gatel ya gw uber aja tu motor… alhasil…… semuanya putus… tapi kayaknya si tiger item gak terima, gw denger dibelakang gw ada suara menderu2 gitu, tapi tetep gak bisa ngejer The Red Wolf :)…

pas lampu merah jalanan penuh dan gw kealang mobil box sama supra fit… gw oper gigi tiga, dan begitu ada selah gw gas pol aja sambil narik bodi ke kanan utk ngambil selah… gw dapet jalan dan gw gas pol lagi. alhasil jarak The Red Wolf gw sama motor2 yg laen itu tambah jauh… hahaha puas gw ngasepin motor2 laen, dan gw pelanin The Red Wolf karena gw mo belok ke kanan. pas lagi pelan gitu tau2 tiger item tadi lewat.. bruuum

btw, pulsar itu emang katro di rpm rendah apalagi di gigi 1 dan 2, tapi kalo udah gigi 3 jangan ditanya deh, tarikannya kenceng abis, apalagi kalo udah gigi 5…. gw gak brani narik lebih dari 1/2 gas

kayaknya bener tuh, kalo udah nyala busi ke 2 nya, pulsar bener2 hebat torsinya, berasa banget, apalagi handlingnya yg mantep, gak kebayang dengan bobot dan ukuran yg gede kayak gitu diajak meliuk2 dengan narik bodi rasanya gampang dan terkendali banget

emang top si The Red Wolf…

tapi sekarang gw mikir tadi bahaya juga ya, biar kata udah gw set gw ngebut tapi nyari celah yg safety, tetep aja kalo ada kesalahan dikit bisa berabe

NGEBUT BOLEH TAPI MENDINGAN PELAN AJE, KEEP SAFETY RIDING BRO !!!!

kl yang ngejar NINJA RR

pgimane??????

17. elkosith - Agustus 5, 2007

Yang gue baca di salah satu website tentang break in (lupa webnya) kalo mau break in hard gak boleh lagi diem, kudu jalan. Kalo mau diem kudu di dyno. And ada nyinggung soal kudu ganti oli di 20 mil pertama (36 km), terus sejauh 1600 mil (2500 km) pertama kudu pake oli non sintetis. Ada pendapat tentang ini?

18. elkosith - Agustus 5, 2007

Ralat, 20 mil = +/- 32 km hehe

19. elkosith - Agustus 5, 2007

@16
Busyet dah, apa perlu ngutip komplit gitu? jadi dejavu baca 2 kali hehehe….

20. elkosith - Agustus 5, 2007

Sepiiiii………

21. ilham - Agustus 5, 2007

Ini salah satu link yg bagus http://www.mototuneusa.com/break_in_secrets.htm ada disitu sebagian

22. donal_bebek - Agustus 5, 2007

16. Super KIPS – Agustus 5, 2007

nyerah gw lawan ninja 🙂

truin - Juni 9, 2012

Bruakkakak kok ngebandinginnya sama ninja? beda genre bos -___-

23. mas adis - Agustus 5, 2007

kalo waktu jalan tanjakan , waktu inrijden perlu dihindari gak?
btw, yg bner tulisannya inreyen ato inrijden? aku baca di manual yamaha kayaknya inrijden deh… CMIIW

24. vend - Agustus 5, 2007

kalo manasin motor tiap pagi masi wajib ndak? 🙄

25. purmana - Agustus 5, 2007

Kalo motor saya sih dulu langsung geber aja pas inreyen… Kebetulan rumah gw di gunung, ya pasti harus diajak nanjak tuh motor… tapi oke2 aja tuh sampe sekarang.

Saya setuju, jangan terlalu berlebihan saat masa inreyen motor…

Berlebihan Pelan atau Berlebihan Ngebut….

26. uchiha.madara - Agustus 5, 2007

numpang duduk.. yak

27. andromeda - Agustus 6, 2007

walopun itu motor gw sendiri tp klo masih inreyen ya ikutin prosedur ajah cari aman hehehehe…..

@24
manasin motor terlalu lama! Rugi! “Itu akibat kebiasaan nenek moyang,” tegas Freddyanto Basuki, Manajer Technical Service, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Freddy bilang, kebiasaan nenek moyang karena pemanasan mesin biasanya dilakukan zaman dulu. Kala itu, biasanya motor baru akan dijalankan setelah hidup idle 5 sampai 10 menit. Orang dulu mencirikannya dengan suara mesin di rocker-arm yang mulai halus.

Jelas, saat itu teknologi mesin dan pelumasan mengharuskan dipanaskan dulu sebelum ngelencer. Biasanya pada mesin lansiran tahun ‘80-an. “Saat itu oli belum sampai pada grade api service SF atau SG. Jadi butuh waktu agar oli menyebar merata ke seluruh penjuru mesin,” papar Freddy.

Nah, kini dengan teknologi mesin dan oli yang sudah maju, perlakukan pemanasan bisa dibilang tidak perlu. Apalagi oli zaman sekarang sudah dilengkapi lapisan film yang akan tinggal di komponen meski motor lama tidak dihidupkan.

“Kalo sekarang, pemanasan cuma diperlukan agar mesin mencapai suhu kerja ideal. Biasanya sekitar 80 derajat diukur di dinding luar bak kopling. Paling sekitar 2 menit udah cukup,” jelas pria langsing itu.

Memanaskan mesin terlalu lama rugi. Sebab buang bahan bakar tanpa merasakan hasil kerja mesin alias nggak kemana-mana.

Selain itu bahaya. Sebab, saat mesin hidup langsam, perbandingan bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar jadi kaya. Artinya, kebanyakan bahan bakar. Akibatnya, banyak yang tidak terbakar. “Ini membuat ruang bakar cepat menimbun kerak deposit sisa pembakaran,” urai Freddy.
So, jangan lama-lama deh manasin motor!

yang ada adalah di anjurkan kalo pagi nyalain mesin adalah klo bisa di engkol(kick stater) jangan pake auto start gt setahu gw bro….

kaaaabbbbuuuuurrrrr…….

28. wyren - Agustus 6, 2007

Yang bener sih manasin motor engkol dulu 3-5 kali dalam posisi kontak off..

Fungsinya ngangkat oli yang udah ngendap semaleman biar melumasi noken-as dkk

Habis itu terserah, mo pakek electric ato kick starter.. Pakek chuk biar gampang…

Lukman - Oktober 9, 2015

Itu buat mesin jadul sekelas OHV om,,, yg gk pake pompa oli,,,

Kalo mesin motor skarang mah ente selah gitu gk bakal nyemprot olinya, perlu sekitar minimal 1400 rpm agar oli bisa menyembur lewat nozzle oil jet,,,

29. Aji - Agustus 6, 2007

28 betul bung….motor saya setiap pagi saya gituin juga…..

30. andromeda - Agustus 6, 2007

@4
wuih… motore udah di oprek ya bro, sampe ngudak” thunder n macan rong ewu?

31. Keken - Agustus 6, 2007

Artikelnya bagus setujugu deh gwe … temen gwe yang kerja di salah satu pabrik motor produk jepang aja bilang kalo motor baru dianjurkan inreyen sama pabrikan itu cuma strategi pabrikan aja supaya boroknya gak ketahuan … kalo rusak dikemudian hari kan dah gak garansi jadi mending rusak sekarang daripada entar …
Dan temen gwe itu sangat menganjurkan break in and dia udah coba di motor King dan Pio nya.
And gwe praktekin di pulsy gwe .. alhamdulillah pulsy gwe lom ada masalah apa2 …

32. asikbae - Agustus 6, 2007

@andromeda..
thanx for coming kemarin masbro..ntar gw utak2atik dikit yah..
@all
pokoke geber wae sak pol-polane masbro…..asal ojo waton
(pokoknya geber aja sesukanya masbro…asal jangan asal)

33. iwansa - Agustus 6, 2007

Lagi ga ada motor baru. Kalo ada, yang pertama ya dielus elus dolo. Bwt wa inreyen tetep perlu ah. geber juga mesti kira kira. Jangan sampai disalahin dealer kalo ternyata ada komplain. soalnya garasinya kan harus sesuai petunjuk bukunya. Aturan main tertulis hukumnya geto. Coba kalo tar dibalikin siapa suruh ga ikutin petunjuk buku, mo jawab apa. pizzz

34. andromeda - Agustus 6, 2007

@asikbae
ueennnaakk tenan je wingi dolan neng kantormu kang, sesuk” maneh wis xixixixi….
di tunggu mas bro editane yo…
bisnis kita… bisnis…. xixixixi…

@all
mai” yuk ke ktrnya bro andri iso nonton indopisien xixixixixi….

35. asikbae - Agustus 6, 2007

@andromeda
monggo mas ditunggu, tapi bawa cemilan yah..hehehe
batewe aniwe baswe sampean weruh jeneng asliku gak yo..??hehehehe..piss wae lah..
@all(iye gw tau ini junk)..maap

36. andromeda - Agustus 6, 2007

@35
wekz.. salah ya itu….
ya maapkan…
ok d bsk main” lagi d, kupi masih kan, beliin dong cemilannya, kan depan itu “sederhana” xixixixi…

@all
ho..oh… maap yah (junk nich)

37. asikbae - Agustus 6, 2007

siaaaaa..ppp!!!!

38. ADHID - Agustus 6, 2007

@16. Super KIPS
klo yg nguber SP gmn??? tambah kelaut aja kali ya…. 🙂
pissss bro…

@all
disini gw mo ngucapin tks bgt atas sambutan n service dari anak2 bogor khususnya Bro DD_Alpine & Bro QQ_Hotspant, sabtu kmaren 04/08/2007 krn gw kebetulan ada urusan dbogor en bersamaan dg sdh mmbaiknya my espi….singkat crita pas dbogor (Cipaku) gw djemput ma Bro QQ_Hotspant dengan New RR-nya utk menuju ke UIKA menemui bro DD_Alpine yg msh setia menunggangi Single R, dlm prjalanan menuju UIKA Bro QQ_Hotpants dg kec.sedang average 120 kpj ditempuh hny 12~15 menit itupun pdhl tau sdiri gmn keadaan jln kota bogor (Kota Sejuta Angkot), serem jg sih…tp mo gmn lgi drpd nyasar coz gw buta bgt kota bgr, gw akui Bro QQ_Hotspant skill-nya ok juga ditambah dg performa motornya yg cukup mumpuni…..pas pe UIKA kami bertiga menuju ke Bumi Mekar Wangi-Kayumanis utk menemui rekan gwa yg mengalami kecelakaan hampir 1,5 th lalu yg cukup parah (patah kaki kanan dg tulang yg menjorok keluar), ga lama tiba disana kira2 20 mnt Bro DD_Alpine pamit krn ada pertemuan di UIKA pe jam 8 mlm sdgkan bro QQ_Hotspant pamit utk persiapan acr nti mlm di tmn air mancur dg komunitas NSR-nya….tp sygnya acr trsebut gwa ga bs hadir krn hrs plg ke jkt utk persiapan mancing hr minggu 🙂

sebetulnya ada agenda trsendiri ataw bs disebut misi yakni mmbicarakan kpd rekan tsb diatas utk acr 2nd gedring…tapi entah knapa pas pe bogor lupa…lupa…lupa…mungkin krn asik ma pmndangan kota bogor yg cantik-cantik en imut-imut kali ya…. piss
mgkn dlm kesempatan lain aja gwa bicarakan ke mereka….ataw ada yg mo ke bogor lagi…klo ada mau dong! next session…

sekali lgi gw tks bgt atas jamuan n semuanya deh….utk Bro DD_Alpine & Bro QQ_Hotspant khususnya

rgds

39. asikbae - Agustus 6, 2007

@adhid.
berarti sp dah bisa geber nih..jadi kapan kita ke bogor..??

40. klitz - Agustus 6, 2007

yosh.. akhirnya dibahas juga ama bro ilham 😀

41. ADHID - Agustus 6, 2007

klo motor yg produksinya diatas tahun 2001, bukannya sdh ga ada inreyen lagi….nah skrg gmn dg mobil, dimobil ga ada tuh yg namanya inreyen2an….
emang betul sih yg dibilang ama bro cecep2007, gmn tuh!! sama aja kan…..mgkn inreyen disini dimaksud dg batas waktu penukaran motor kali ya… hiks, coz kebanyakkan org pas sdh dpt STNK dr dealer bawa motornya jauh melebihi ambang batas…he he he

42. Dede Alpine - Agustus 6, 2007

41…
Pengumuman ada anak hilang dari Jakarta, namanya Adhid…. bawa NSR XP.. bawa hp ditelpon tapi gak diangkat…. hilang hari sabtu malam minggu jam 1/2 9 malam di bogor..

43. ADHID - Agustus 6, 2007

@39. asikbae
bole…gmn klo tgl. 25/08/2007, rekans yg lain gmn?

44. ADHID - Agustus 6, 2007

@42.
he he he…gw sdh balik ke jkt bro….sori, btw cari oli petronas 2T 4000 dibogor susah amat yak! gw ubek2 pe depok (jalur pemda) ga nemu2 juga…..akhirnya dpt2 di klp gading juga, he he he
tks bgt ya….sdh anterin kmrn, nextime kt ketemuan lg deh…bro asikbae kyknya brminat tuh

45. girifumi - Agustus 6, 2007

@44
elo pake buat motor apaan emang?
selama ini belum pernah nemuin oli semahal Petronas.Shell,Castrol gak beda jauh sama produk Pertamina.

46. Nah Lo - Agustus 6, 2007

@ADHID

jgn kan nya ri oli petronas, gue nyari oli lokal enduro racing se-antero bandung gak ada yg jual

47. girifumi - Agustus 6, 2007

@46
masa? coba deh cari Olimart!
harga resmi kisaran 33 ribu.gak beda sama Castrol 10W 40.

48. ADHID - Agustus 6, 2007

@45
gw pake espi bro….bukan mahal ataw tidaknya, cuma oli samping 2T petronas 4000 cocok bgt utk karakter espi…gw sdh prnh pake oli yg lain tp ga ada yg cocok….eh giliran cocok dicarinya susah

49. girifumi - Agustus 6, 2007

@48
oh,yang warna orange itu yach?gw pikir sudah laku!
pas ke Ciledug ada toko yang jual,mestinya SPBU Petronas ada.

50. vixionerz - Agustus 6, 2007

takut geber kasar kasar …attuuuut

51. ADHID - Agustus 6, 2007

@49
yg dtg byk bgt tp blom ada hrg yg cocok, sayangnya SPBU petronas jauh dr sini….tp skrg gw sdh stok kok bro…

52. siwo - Agustus 6, 2007

pengalaman gue nich, motor baru gue geber sebulan kemudian piston ama blok silindernya harus ganti karena bunyi ngelotok untung masih garansi tapi gue salut ama orang Wahana gak ampe seminggu gue klaim lsg ganti

53. asikbae - Agustus 6, 2007

@adhid
berangkaaatt..moga2 bisa yah tgl segitu, eh oli petronas berapa sebotol isi brp ml..??
gw biasa pake castrol aktiv, belum pernah ada masalah..menurut ente gmn oli gw..??

54. abumie - Agustus 6, 2007

mo coba deh lawan supra ku yang tahun 99

55. begundal dan pecundang - Agustus 6, 2007

@54
boleh juga lawane pake suzuki rc jet cooled

56. begundal dan pecundang - Agustus 6, 2007

langsung geber ampe jebol kan masih garansi kl rusak tinggal tukerin, ntar kl di tanyain ngeles aja, bilang makenya dah sesuai buku petunjuknya…

57. Dede Alpine - Agustus 6, 2007

BRO ADHID——–

Datang gak di jemput, pulang gak dianter….(kayak gw waktu gathering)…he…he….

kapan-kapan main lagi ke Bogor lagi….. oh ya… kemarin anak-anak bogor ngajak adain gathering lagi….tapi gw belum kasih jawaban…?

moga-moga aja, bisa jadi kenyataan…. dapet stiker deh..

58. gio - Agustus 6, 2007

@ FOr all

Kenapa yach pulsar gw klo pagi susah bnget di starter padahal udah pake chuk n kadang ngelos gitu, n klo dah gitu kunci kontak nya kurus di off dulu n setelah 5 x startert br mesin nyala, n kalo habis di geber pas di rem di belakang ada bunyi kelepek2 gitu, apa mungkin tudung ban belakang yach….. trus kalo digeber suara mesin jadi agak ngelotok gitu kenapa yech . ada yach tau ga????
plizzzzzzzzz sarannya. pulsar gw br 1 minggu n gw jalanin inreyen sesuai buku petunjuk.

59. nadi - Agustus 6, 2007

Udah baca di http://www.mototuneusa.com, cuma belum punya motor baru. Bro’s sekalian udah ada yang coba gak ya?

60. Black - Agustus 6, 2007

@58
pulsar nya udah diservis? pulsarku gampang sekali di start. pagi, siang, malam pencet tombol gak sampai 1 detik tanpa puter gas juga langsung langsam.
engkol juga 1 x langsung nyala langsam.

61. japra - Agustus 7, 2007

motor baru? knapa gak di geber aja langsung, gpp koq..kalo jebol kan masih garansi..he

manasin motor? taro aja diatas kompor..he..atau jemur aja di terik matahari, dijamin motor pasti panas…he

mau beli oli yg lengkap? ya di Toda..

62. Nah Lo - Agustus 7, 2007

toda dimana?

63. Nah Lo - Agustus 7, 2007

@girifumi

toko olimart ada di bandung?? dimana nya?

64. girifumi - Agustus 7, 2007

@63
kalo gak salah ada iklannya deh..kalo gak ada ya Toda juga bisa,meski agak mahal tapi lengkap.

65. hendra_ku - Agustus 7, 2007

klo motor gwe, 500km pertama gwe ngikutin aturan yg ada di manual booknya, abis itu masuk servis pertama, terus gwe di saranin ama temen² (anak² bengkel jg) gwe klo dah lebih 500km, motor gwe udah bisa di geber, lgnsng aja gwe geber (waktu malem hari, soalnya swepi seeh), dan ternyata motor gwe saat ini baeg² saja n tambah maknyusss kwencengnya 🙂

66. ray - Agustus 7, 2007

gw wkt itu pas motor baru dateng, bodo amat gw geber aja langsung! abis motornya juga pengen ngebut mulu.. tapi pas digeber rasanya bener2 ga enak! oli belum ganti, mesin masih kasar.. abis servis pertama baru deh, ngaciirrr trussss… emg klo motor baru digeber efeknya di masa depan apa?

67. honda bebek - Agustus 7, 2007

ada yg lupa dimasukin di artikel di atas :
1) Ganti oli dan bersihkan/ganti filter olipada 20 miles u/ mesin inreyen

2) jangan pakai oli fully synthetic pada masa inreyen

kt motoman ide inreyen di geber emang kontra dgn rekomend banyak pabrikan.

idenya masuk akal tapi dibatasin u/ ring piston saja
jadi berarti transmisi dan parts lainnya tidak harus digeber2 juga .

kalau mnrt ane sih kalau mesin mau awet jangan digeber sampai red line dan angkut beban berat2 amaan jangan sering dikutak kutik
sering dikutak kutik drat bisa pada rontok akibatnya bisa bocor dan kompresi ilang.

68. coro_ayu - Agustus 10, 2007

#honda bebek
kayaknya sama ama yang di link mas ilham dan dibahasa elkosit di no 17….btw…bwt motor lama yang gagal break-in gimana? kan sayang motor oke tapi lemot…jadi ndeso n katro

69. onoda - Agustus 11, 2007

oo gitu to.
makasih info nya bung ilham.

70. iceman - Agustus 13, 2007

Salam brother bikers. thanks banyak atas infonya. Kurasa akan bermanfaat benar buat temen2 yang baru beli motor and ingin segera merasakan speed sensation.
But some question dulu:
Cara breakin seperti ini apa untuk moge2 yang beredar di USA atau juga bisa buat motor2 jepang made in Indo?
Kalo untuk motor seperti Thunder dan Pulsar bagaimana?

Thanks once again atas perhatiannya. Kafemotor, you rock!

71. BLACK GONTENG - Agustus 13, 2007

@All
Sharing please……..barangkali ada yg pernah ngalamin. Black wolf gw baru km 280, trus tadi gw jalan sekitar 80 kph…tiba2 mesin kayak mau mati…..trus setelah gw pelanin motor mau jalan lagi. Karena motor baru atau ada suatu yg salah ya ???????

72. girifumi - Agustus 13, 2007

@71
kalo gak salah kerjanya emang dibatasi rpm-nya,efeknya kayak mesin mblebek (bhs jawa) mau mati gitu.
atau busi kedua sudah mati atau cuman kotor.pernah tanya,businya sama persis dengan punya Karisma.

73. zenith - Agustus 16, 2007

wah bulan mei lalu gw baru ngegeber motor tiger revo gw..ambil siang malem adu…hehehe…tp cuek aja,malah di saranin ma mekanik honda..

74. ilham - Agustus 16, 2007

@ 67. honda bebek – Agustus 7, 2007
Tnq info tambahannya bro..

75. Kelana110cc - Agustus 16, 2007

Salam kenal bro semua. Saya pengguna Kanzen Kelana. Berdasarkan informasi tidak resmi dari pabrikan, jaman sekarang yang teknologi pembuatan mesin sudah presisi dibanding dulu, motor baru mesinnya cukup 200 km saja inreyennya, selanjutnya ganti oli, lantas bisa digeber dengan normal. Di buku manual memang tercantum 500 km dan kelipatannya. Tapi di pabrik, mesin baru biasanya cukup 200 km lantas mesin “disiksa habis-habisan” untuk mengetahui daya tahan dan kinerjanya.

Saya pegang kata-katanya. Eh benar. Tidak apa-apa. Mesin motor dari tahun 2003 (beli Desember 2003), hingga sekarang th 2007 baik-baik saja. Elektrik starter masih hidup. Baru sekali ganti aki pula dua bulan lalu.

Tambahan lagi menurut pabrikan, Kanzen Kelana bisa dipacu sampai 83 km/jam. Kenyataannya bisa mendekati 120 km/jam kok. Bener! Tuh, mesin buatan Indonesia (teknologi Daelim Korea) bisa dibegitukan. Apalagi yang buatan Jepang 🙂

76. orca225cc - Agustus 21, 2007

scorpio w kenceng broooo…..tembus ampe 160 km/h, geber trusss…..

77. Wolfverine - Agustus 21, 2007

Scorpio Dilawan…..Capeeeee deeeeeeeeeeee……

78. maximus - Agustus 21, 2007

Tanya dunk, apa benda bulet yang ada di bawah mesin bagian depan di New Shogun 125 itu dinamo starter ? Lah kalo iya, gimana donk kalo mao nebas banjir yang selalu hadir di jalur gw ngantor (Tanjung Barat and Kampung Gedong). Soalnya waktu masih pake Smash Oke Oke aja tuh kalo nebas banjir.

79. wap - Agustus 21, 2007

pulsar gray belum ada plat(punya ane..hweheh)…
-+ 400km pertama ga dikasih pelan. setelah dapet info dari yang punya blog.. geber trus… engine break ga ragu2..
hari ini ga ada masalah berarti kecuali langsam mesin beda banget antara waktu mesin dingin (halus) dan waktu panas(besar dan agak sidikit kasar dibanding pertama kali istirahat).. mungkin oli harus udah diganti kali ya…

80. sihot - Agustus 22, 2007

Permisi semua, maaf nih.. saya masih baru di bidang motor. Saya baru pakai Honda 125R, lebih sering di gunakan di gigi 2, kira2 nanti bisa bermasalha ngga ya..?

81. Nah Lo - Agustus 22, 2007

gigi 2 kalo kecepatannya sesuai yg ada di buku manual ya gak papa

82. lich - Agustus 22, 2007

eh sebaikx ganti oli tu hitung bln or hitung km.
motorq scorpi udah 1 bulan 500 km
perlu ganti oli gak
pleease jawab ya
thanks before.

83. daud - Agustus 24, 2007

GUe sih ganti olie setiap 1 bulan sekali +/- 1500km.dulu mx bore up an gue pake motul selalu,tapi sekarang dah lagi make motul disaranin make enduro racing,n hasil nya mantaf juga mx gue kagak masalah…

cintailah produk dalam negeri……

84. erik - Agustus 27, 2007

hajar terus broooo..
v-ixion gw br jalan 50km…ude gw hajar abiiissss…
gw setuju bgt ma loe…
thanx

85. BLACK GONTENG - Agustus 27, 2007

WAH GW BARU APEZZZ….TADI PAS LEWAT JALAN YG AGAK GELAP GW GAK LIAT ADA LOBANG MENGANGA…..GRUBYAK AMBRUK DAH GW AMA BLACK PULSAR……..UNTUNG MOTOR GAK PAPA, TAPI TANGAN JADI KESELEO…APEEZZZZ…. MUNGKIN LAMPUNYA KURANG TERANG YA…

86. girifumi - Agustus 27, 2007

@85
ganti juga gak masalah,btw regulasi lampu yang bener tuh emang kuning temaram bukan putih seperti LED.yang malah mengaburkan pandangan yang di depan.

87. andri - Oktober 4, 2007

Jadi kesimpulannya apa ni Brur, kalo inrayen jalannye boleh cepet apa gak ??????

88. warga_baru - Oktober 30, 2007

Warga Baru (BMW):

Baru 2 hari gw terima si BMW (Bajaj Merah Warnanya-Red Pulsar),
pas hari pertama gw dah terlanjur inreyen ama istri boncengan, cos istri gw dah gah tahan pengen nyemplak di BMW, gmn tuh kelanjutannya, kira2 bakal ngaruh ga ke mesin gw pada akhirnya? please bro advicenya, gw dah terlanjur. skrg kilometer baru 20 km.

89. joko abnp - Februari 6, 2008

menurut saya nggak usah di geber-geber klo tips saya habis di pakai trus di lapin biar kinclong namanya juga motor baru trus masih kriditan lagi( kasian ya yang masih kriditan )

90. wdhermawan - Februari 9, 2008

mesin dyno di jakarta di mana ajah yah yg buat motor ?

91. smash_lama - November 8, 2008

iye tuh, motor ane jadi monster. pas hbs turun mesin ganti segala macem disaranin inrijden lagi. tapi ane geber aje.. alhasil motor ane ga enak dipake jalan pelan.. ^_^.

92. Sugi - November 16, 2008

Geberrrr ce e ae…belah duren e yang mantep…biar joz dan mantap!!!!

93. ikanmas59 - November 20, 2008

woyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

94. lolok - April 22, 2009

tes sekali yuk ??? siapa brani ?????

95. SSC [ Sipitungpuluh Sumpiuh Comunity] didik_firmansyah - Agustus 13, 2009

inreyen….
ngga pernah ngrasain tuh, kan mtorQ honda c70, wk wk wk wk wk,,,

tapi udah tak ganti mesin pnya honda astrea star, ngga kalah deh sma mtor skarang yang cc’nya sama, cuma tamplannya aja yang 70, soal rasa…. weeeeh…. dah kaya supra/grand 😀

pengennya sih nambah cc lagi, nyampe 125cc lah, biar bisa ngelibas motor – motor skarang [tapi klo ang cc’nya sama lhooo yuooo]

pernah, wktu Q pergi purwokwerto – magelang,,,
wehhhh…..[pas di daerah purworejo] balapan sama honda karisma x, si karismanya keok… padahal lawanQ wktu tu [karisma x] udah btot gas dalem bgt………. tapi c70 Q nyane nyante aja tuh……

oh ya, tu cma pengalaman kecil, banyak pengalaman lain yang ngga bisa d critain dsni, mmang sih ni bkan tempat tuk ceria……
ya udah lah, yang penting SAFETY…

96. Inreyen Motor Baru, Geber Aja Lagi!!! « me and my life - Oktober 21, 2009

[…] atau copy paste dari blog nya https://kafemotor.wordpress.com Copyright @ […]

97. ricky - November 18, 2009

gimana dengan yamaha jupiter MX. Apa tidak perlu lagi tahap menjaga 20-30 dalam 2 ger????

98. ucok - Februari 22, 2010

saya pake becak tapi kok gak bisa melaju cepat…..kenapa yaaa…..?? padahal udah tak intreyen 7500 km/…

99. anton caiiiank NUrul R - Januari 5, 2011

YAH, becah loe reyen ampek 99999999km pun…..
malah olinya rantai kering…..

100. Tamu Lampung - Mei 16, 2011

cz piston becak mas bro bengkok she… MANA bisa kenceng? Wkwkwkwkwkwkwkwk

101. Tamu Lampung - Mei 16, 2011

Mas bro saya tanya serius ne…
Gw agi inreyen motor revo fit.
Pas motor datang lgsg gw geber… Tp perlahan… Di ayun… Geto…
Gw akui gigi 1 40/kpj gigi 2 60/Kpj gigi 3 90 an Kpj tp gigi 4nya ko sama aja yak… Cuma mesin ga getar she…bisa 100 lebih dikit gas pol tuh ….tp di mesinnya ko ada suara klotok 3x gitu ya mohon tanggapannya mas2bro.;

Djayeng Nitis Suryojatmiko - Februari 8, 2015

Ikuti aja buku petunjuk Mas Brooo…. cara Inreyen yang benar, jangan ikuti kata orang bengkel…, banyak teman teman saya Inreyen motor digeber seperti cara yang diatas. hasilnya 99 % mesinnya RONTOK semua, kasar, gak jelas, dan akhirnya mereka semua mengatakan NYESAL salah cara Inreyen…

102. karis - Agustus 18, 2011

waaahhh…nais inpoh, terjawab sudah pertanyaan saya di sini
http://karisnsz.wordpress.com/2011/08/14/ketika-kondisi-inreyen-pelan-atau-gaspoll/
Thx ya…

103. bluzz - Desember 12, 2012

cari aman lebih baik. gapelan ga geber asoy aja

104. fitnessoutloud.com - Desember 24, 2012

These are fundamentally short phrase loans that do provide you meet
your fiscal challenges within a preferred particular
time period. Contemplating time limitations these loans are especially made above
an obligation no cost platform. As such, these are kept fully no cost from credential checksums.
Troubles such as defaults, arrears, bankruptcy, CCJs and even IVAs are not regarded as here.
Further, there are also no collaterals associated with these loans.
There is minimal paper work necessary on the component
of borrower. There are also no hidden or added documentation or faxing required right
here. Applying for these loans is also very
convenient. People today just demand filling an on the net
type and once this gets approved money is received within 24 hours time frame.
These loans are frequently offered beneath practical terms and circumstances.
The basic simple applicant criteria right here is that they ought to be a
UK resident and of 18 years of age.

105. låne penge - Januari 14, 2013

I drop a comment each time I especially enjoy a post on a website or I have something to valuable
to contribute to the conversation. Usually it’s caused by the passion displayed in the article I looked at. And on this article Inreyen Motor Baru, Geber Aja Lagi!!! KafeMotor. I was actually excited enough to drop a thought 😉 I do have 2 questions for you if you don’t mind.

Could it be simply me or does it seem like some of the comments appear like they
are written by brain dead visitors? 😛 And, if you are writing at additional
places, I would like to follow you. Would you list all of your public pages like your linkedin profile,
Facebook page or twitter feed?

106. http://google.com - Februari 13, 2013

“Inreyen Motor Baru, Geber Aja Lagi!!! KafeMotor” certainly got myself hooked on your web site!
I actuallywill certainly be back way more often. Thanks -Rosa

107. Darwin - Maret 3, 2013

After I initially commented I seem to have clicked the -Notify me when
new comments are added- checkbox and from now on whenever
a comment is added I get 4 emails with the same comment.
Is there an easy method you can remove me from
that service? Thanks!

108. safe diets - Maret 30, 2013

Hi there i am kavin, its my first occasion to commenting anywhere, when i read this piece of
writing i thought i could also create comment due to this good paragraph.

109. Philomena - April 18, 2013

Hi there, yup this paragraph is in fact pleasant and
I have learned lot of things from it on the topic of
blogging. thanks.

110. Make Real Money Online with NO Scams - April 20, 2013

Real ways to make money online go here.

111. vind ipad - April 24, 2013

What’s up, all the time i used to check weblog posts here in the early hours in the morning, for the reason that i enjoy to gain knowledge of more and more.

112. aerhu - Juni 24, 2013

sip gan

113. bloggers - Juli 4, 2013

A wine rack should be able to go along it’s surprising nonetheless. Esther’s Hobby Shop in
Altoona7.

114. Anonim - Juli 14, 2013

Wonderful beat ! I would like to apprentice whilst you amend your website, how can i subscribe
for a weblog web site? The account aided me a appropriate deal.
I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright transparent concept

115. Rees - Juli 19, 2013

Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to mention that I’ve truly enjoyed surfing around your blog posts. In any case I’ll be
subscribing to your feed and I hope you write once more soon!

116. web site - Juli 20, 2013

My partner and I stumbled over here coming from
a different web address and thought I should check things
out. I like what I see so i am just following you.
Look forward to going over your web page again.

117. google - Juli 31, 2013

I have read so many articles concerning the blogger lovers except this post is genuinely a fastidious piece of
writing, keep it up.

118. Sewing Machine Repair Tips - Agustus 29, 2013

I know this web page gives quality dependent posts and other information, is there any other web site which gives these stuff in quality?

119. download dota game - November 22, 2013

It’s perfect time to make some plans for
the future and it is time to be happy. I’ve read thiis post and if I could I
desire to suggest you some interesting things or suggestions.
Perhaps you could write next articles referring to this article.
I wish to read even mmore things about it!

120. Alycia - April 17, 2014

Pretty great post. I just stumbled upon your weblog and wanted to mention that I’ve
truly enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your rss feed and I am hoping you write once
more soon!

121. help me lose weight - Juli 5, 2014

Each web based business proprietor wants the most
beneficial and quite a few cost-effective web marketing approaches for
their particular small business and also a page online strategy fulfils this particular objective.
Article writing functions distributing posts, which are
relevant to the products or services, in order to various on the net article
directory sites which then submit these free of charge.

Should your content articles are generally
composed properly they shall be very easily available on search engines like google along with understand by those who are considering what exactly you will need to provide.
The essential part of ones article promotion tactic could be the website link
in your own post in which guides audience to your website in which they
could find out about your items and also companies.

But a simple yet effective article writing method is usually greater than composing a number of hundred terms and
also intending men and women will probably read all of
them. Your posts have to contain valuable facts in addition to search phrases or keyword phrases employed by
those people who are trying to find just what you must present.
There are a variety connected with the reason why article
marketing remains essentially the most successful internet promotion tactics.

1. Generates Authority.

Men and women choose to purchase from and take care of the top.

Your marketing with articles approach will assist you to place by yourself because professional inside your sector.
It’s a terrific way to attain admiration inside the niche an individual want to accomplish.
In case your crowd discover the well crafted along with useful content articles they are
going to view people just as one power. The greater that
you’ve written about some location, greater
trustworthy you will end up in addition to a lot more likely they
will be to acquire what we offer.

a couple of. A cost effective Web marketing strategy.

In comparison to different web marketing methods, article advertising it is quite economical.
Article directories can post your content thus to their web sites at no cost.
When you write a page, it will eventually only set you back the number of time this needed that you study and generate that.
Unless you desire to compose the idea by yourself, an easy article promotion tactic is
usually to employ anyone to undertake it for you.
There are several good authors on the internet would you anticipate
to create your articles or blog posts available for you for a very reasonable expense.

3. Better Seo (SEO).

Once you generate articles having a url returning aimed at your site and you also distribute the item to an write-up index, in which url is regarded as any link.

Among the finest website marketing strategies to increase your blog position on the major search engines is by using one way links.
The greater one way links you could have, greater targeted traffic your
web site will be given understanding that may bring about
additional sales. Your own well crafted post will also have a
source box with a sturdy proactive approach. This can ask people reading through the
article to venture to your internet site more information in what you should offer.

4. Accomplish A larger Target audience Talk about.

Your article writing approach will help you accomplish a new
much bigger audience as compared to a person otherwise
could have. Those who’re thinking about your products or services will be the kinds which go through the content.
You will not possibly be adding your own marketing and advertising initiatives in front of individuals who
may possibly or even may not value exactly what you have to deliver.
That is why that is just about the best internet marketing tactics since your
own post is going to be study simply by people who find
themselves really enthusiastic about just what what you are
doing and are also also probably will need to buy what you can market.

5. Long term Help.

A well crafted write-up which has excellent key terms can easily be in blood
flow for many several weeks or maybe several
years. You can find a small number web marketing methods that may make that happen sort of durability.
Article publication sites are generally many of the most stopped at web sites on the
net as well as publishing content articles to them suggests it is possible
to immediate some of this particular targeted traffic
rear aimed at your web for years into the future..

If you’re completely new in operation so you get just started out
your website or internet site you’ll need a solution to allow people are aware that a
person can be found. Tweets is a superb source to
use to achieve that. By Jan 1, 2014 there have been 645, 750, 000 new registered users as well as 135, 000 new users registering everyday.

Many be certain the thing that was tweeted very first thing each day and also many the whole day.

As your own business would not it be great in the event possibly just
1% of such people have been signing inside and also being attentive
to your day-to-day messages? That has to be 6, 457, 500 people who
understand the actual address of your respective site or blog site in addition to track straight into people day-to-day.

Myspace has brought in recognition like wild fire and many companies are using it to get in touch using customers and establish a brand name.
Perhaps you tend to be scanning this post since you also concur that will tweeting your online business website or
perhaps website is actually worthy of this although and also
you wish more visitors to see your own tweets.

Never fret you might have looked at the best content.
The goal of this post should be to allow strategies that can assist
you boost the amount of fans that you can tweet for you to.

Something that may boost your own using would be to generate
awesome content material in order to twitter update. If you would like individuals to
stick to anyone in addition to retweet anyone, and then you need
to give them grounds to do so. To overcom any
acquainted drum, content will be king. A single word for the smart is usually spread your content having
inspirational rates. Inspirational quotes tend to be just one sort of information that has been shown to create a high degree of bridal.

Men and women revel in quotations and are likely to reveal these typically.

A second thing that could boost your own pursuing is always to twitter update more often. Tweeting at
the very least a second time every day could be the overall minimal.

The more an individual twitter update greater followers you’ll get.
People choose to comply with people that twitter update generally.

If you’re you do not have got time for it
to twitter and then this kind of is just about the periods it’s ALRIGHT
for you to multitask. You’ll be able to twitter as long as you’re driving, with the fitness center, as
well as through advertising. If you realise that you are also active to help tweet
throughout the top periods on the morning after
that make use of application just like Hootsuite which often will help you timetable the twitter updates and messages before
hand. The absolute most involving day-to-day permitted twitting will be 1, 000 therefore tweet as
frequently that you can.

A third matter which can be done to boost the amount of folks who abide by a
person is usually to abide by individuals who discuss pursuits together with you.
Adhere to the folks who abide by those who abide by a person. They will often periods reveal exactly the same pursuits that
you’ve. Furthermore, adhere to people which engage your own blogposts and
also retweets. Many people notice you’ve equivalent interests and could adhere to
you.

122. Collin - Agustus 16, 2014

Hi there Dear, are you truly visiting this site daily, if so afterward you will definitely obtain pleasant experience.

123. 5htp - September 19, 2014

I got this website from my friend who informed me on the topic of this
website and at the moment this time I am visiting this web site
and reading very informative content here.

124. www.dbvehicleelectrics.com - September 26, 2014

I think this is among the most vital information for me. And i am glad reading your article.
But wanna remark on some general things, The site style is perfect,
the articles is really nice : D. Good job, cheers

125. klicken - Oktober 4, 2014

Why people still use to read news papers when in this technological globe everything
is existing on net?

126. Imamudin - Oktober 19, 2014

saya dari waktu punya HSX 125, sampai NSZ.. semua geber2 pas inreyen. NSZ juga akhirnya meraih rpm 8000-9500 juga enteng

127. www.alittlebesthosting.com - Oktober 28, 2014

Good day! I could have sworn I’ve been to your blog before but
after browsing through a few of the posts I realized it’s new to me.
Anyways, I’m definitely delighted I discovered it and I’ll be bookmarking it and checking back frequently!

128. Djayeng Nitis Suryojatmiko - Februari 8, 2015

Ikuti aja buku petunjuk… gak usah aneh-aneh… Pabrik yang buat motor pasti nyaranin yang bener, dengerin omongan orang… ikuti yang benar, Mesin RONTOK Nyahok loe….

129. Achmad - Februari 27, 2015

good info.
bloggedewek.blogspot.in

130. Steven Pen - April 1, 2015

kalo motor baru yang belom service pertama boleh ganti knalpot racing ?

131. Robot Platinum - Juni 28, 2015

Very good website you have here but I was wondering if you
knew of any forums that cover the same topics discussed in this article?
I’d really like to be a part of community where I
can get suggestions from other knowledgeable individuals that share
the same interest. If you have any recommendations, please let
me know. Bless you!

132. tour - Juli 6, 2015

There are villas that cater to everyone’s pockets as well.

Click the subscribe link at the top of the page to get the latest information by email when it’s
published. “It’s the kind of thing for couples who are looking for something inspiring, something they can come back and say ‘guess what we did on our honeymoon.

133. gege - November 4, 2015

Banyak info,.,.,. tnQiu mantepz,.,.,.

134. Anonymous - Februari 7, 2016

Halo bro, kalo motor baru, masih 180km kalo ga salah, terus gigi 2 nya saya tarik sampe mentok, sampe motornya tuh ngerem sendiri, nanti bakal ada masalah ga ya? Terus kalo motor baru gitu saya ganti knalpot racing boleh ga?

135. Kontroversi inreyen atau break in, ada cara kasar dan cara halus, mana yang benar? | Mengupas soal motor - Agustus 7, 2016

[…] Inreyen Motor Baru, Geber Aja Lagi!!! Agustus 4, 2007 […]

136. EricX - Agustus 10, 2017

Hi blogger i see you don’t monetize your blog. You can earn extra bucks easily, search on youtube for: how to earn selling articles

137. listen - September 5, 2017

My relatives all the time say that I am kіlⅼing my time here at net, but I know I am gеtting experience
all the tіme by readіng thes fastiⅾious
cοntent.

138. kotły kondensacyjne Warszawa - Juni 23, 2018

I’m impressed, I must say. Seldom do I come across a blog that’s both educative
and amusing, and without a doubt, you’ve hit
the nail on the head. The issue is something which too
few men and women are speaking intelligently about.
Now i’m very happy I came across this during my search for something regarding
this.

139. adultfrindfinder - Juli 3, 2020

I know this website gives quality based content and additional stuff, is there any other
site which gives these kinds of things in quality?

140. porn - September 27, 2020

Qualitʏ content is the main to be a focus for the viewеrs to ρay a quick visіt the
weЬsite, that’s what this website is providing.

141. porn - Oktober 7, 2020

Nice respߋnd in return of tһis questіon with real arguments and telling eᴠerything concerning that.


Tinggalkan komentar